Penyebab Cat Tembok Menggelembung dan Solusinya

Apakah penyebab cat tembok menggelembung? Anda membutuhkan cat tembok untuk mewarnai dinding bangunan supaya tampak indah sesuai keinginan. Untungnya produk cat sekarang juga memiliki fungsi lain sebagai pelindung struktur tembok. Lapisan cat tadi seolah-olah menjadi benteng yang menjaga tembok dari gangguan-gangguan luar yang dapat merusaknya. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk merawat lapisan cat tersebut agar tembok tetap dapat berdiri kokoh.

Tembok yang jarang dirawat tentunya akan cepat mengalami masalah. Salah satunya adalah lapisan cat tembok yang menempel di permukaan dinding tersebut bisa menggelembung dengan sendirinya. Jika Anda terus membiarkannya, lambat laun lapisan cat yang sudah menggelembung tadi tiba-tiba akan terkelupas. Anda sendiri yang akan mengalami kerugian sebab permukaan tembok menjadi terlihat kacau, berantakan, dan tidak menarik. Strukturnya pun rawat rusak akibat sudah tidak ada lagi lapisan pelindungnya.

penyebab-cat-tembok-menggelembung.jpg

Anda mungkin merasa penasaran apakah penyebab utama kenapa cat tembok tiba-tiba bisa menggelembung? Bukan sulap ataupun sihir, masalah ini bisa dijelaskan menggunakan teori alamiah. Airlah yang menjadi biang keladi sebenarnya. Perlu Anda ketahui, semua bahan perekat kalah dapat dikalahkan memakai air. Jika bahan perekat yang terkandung di dalam cat terus terkena air, maka lama-kelamaan ikatannya bakal menjadi lemah sehingga menyebabkannya berubah menjadi menggelembung.

Lantas, bagaimana air bisa meresap masuk ke pori-pori cat tembok? Penyebabnya antara lain :

  1. Kebocoran atap yang terletak tepat di atas tembok mengakibatkan air hujan bisa menembus ke balik lapisan cat.
  2. Pengecatan tembok dilakukan saat kondisinya belum benar-benar kering dengan sempurna.
  3. Proses pengecatan yang salah mengakibatkan uap air terperangkap di dalam lapisan cat.
  4. Waktu mengecat dilaksanakan ketika cuaca sedang hujan dengan tingkat kelembaban udara yang tinggi.
  5. Waktu mengecat saat kondisi cuaca sangat panas juga menyebabkan lapisannya tidak bisa kering merata.
  6. Aplikasi cat langsung ditebalkan sekaligus sehingga menyebabkan lapisan terbawah tidak kering.

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki karena prosesnya jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Begitu pula dalam perkara cat tembok yang menggelembung ini. Anda harus memastikan tidak ada kebocoran pada atap rumah supaya air tidak bisa meresap masuk menembus di balik lapisan cat tembok. Lakukan pengecatan saat kondisi cuaca sedang normal, matahari tidak bersinar dengan terik dan hujan sedang tidak turun. Anda juga harus sabar pada saat mengecat dengan mengaplikasikan lapisan tipis secara berulang-ulang.

Terdapat beberapa solusi untuk memperbaiki lapisan cat yang sudah terlanjur menggelembung, meliputi :

Solusi Pertama

Jika  lapisan cat tembok yang menggelembung hanya sedikit, Anda cukup memperbaiki bagian tersebut saja. Kikislah lapisan cat dinding pada bagian tersebut terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mengeringkannya. Setelah itu, aplikasikan bahan waterproofing secukupnya. Dan terakhir Anda bisa menguaskan cat dinding sesuai keinginan. Sayangnya cara ini akan membuat penampakan cat terlihat belang-belang akibat tingkat kecerahan warnanya yang tidak sama.

Solusi Kedua

Sementara itu, Anda harus melakukan cat ulang secara menyeluruh apabila luas area cat tembok yang menggelembung cukup besar. Anda harus mengikis semua lapisan cat tersebut sampai bersih sempurna. Kemudian lakukan pengeringan selama 12-24 jam sampai tembok benar-benar menjadi kering sempurna. Barulah selanjutnya Anda bisa menerapkan cat baru pada permukaan tembok tersebut. Kerjakan proses pengecatan dengan benar sesuai petunjuk yang pernah kami berikan pada artikel sebelumnya.