Perawatan
Nov24

Panduan Lengkap Memilih, Menata, dan Merawat Karpet

Ingin memilih, menata, dan merawat karpet dengan benar? Salah satu cara untuk menghias interior rumah adalah dengan menambahkan karpet ke dalamnya. Selain sebagai penghangat ruangan, karpet juga mempunyai pengaruh yang kuat dari segi estetikanya. Pesona karpet yang menarik ini akan mengalirkan suatu kesan yang indah ke seluruh sudut ruangan.

memilih-karpet.jpg

Percayakah anda jika karpet bisa dimanfaatkan sebagai focal point ruangan? Memang benar, karpet dengan warna dan corak menarik bisa menjadi titik fokus yang cantik. Terlebih saat ini, ada banyak sekali motif karpet yang membanjiri pasaran dan mempermudah anda dalam menemukan mana karpet yang sesuai untuk tema ruangan di rumah. Sedangkan dalam segi pemilihan ukurannya, hal ini tergantung selera anda apakah ingin melapisi seluruh lantai ruangan dengan karpet atau hanya sebagian bidang saja.

menata-karpet.jpg

Selain dari tampilan fisiknya, penataan karpet yang tepat juga akan berpengaruh pada keberhasilan anda dalam menciptakan desain ruangan. Sebagai contoh, bila anda menginginkan interior bernuansa modern, cobalah mengaplikasikan karpet sebagai alas meja sehingga pesona lantai tetap tampak futuristik. Sementara itu pada interior bergaya klasik, karena suasana yang ingin dihadirkan penuh kehangatan, maka hamparkanlah karpet di bawah meja dan kursi. Lain lagi dengan konsep interior mewah, karpet biasanya digunakan untuk menyambut seseorang dengan meletakkannya di lorong-lorong ruangan.

Penting diperhatikan, agar pesona karpet tetap terjaga dan tidak luntur sebelah, sebaiknya anda memutar posisi karpet sebulan sekali. Hal ini bertujuan agar bidang karpet yang terkena terik matahari bisa terus bergantian. Perlu diketahui, bahwa panas matahari tersebut sangat mungkin memudarkan dan merusak warna karpet.

merawat-karpet.jpg

Bentuk perawatan karpet bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu perawatan harian dan bulanan. Perawatan harian dilakukan dengan membersihkan karpet dari debu-debu menggunakan vacum cleaner. Sebagai alternatifnya, gunakanlah sapu lidi untuk merontokkan kotoran dan debu yang menempel di permukaan karpet tersebut. Sedangkan untuk bentuk perawatan bulanan, biasanya dilakukan dengan frekuensi tiga bulan sekali. Perawatannya yaitu dilakukan dengan mencuci karpet tersebut sampai bersih. Untuk prosedur pencucian karpet yang benar, silahkan simak artikel di sini.

Selamat menerapkannya. 🙂