Perawatan
Oct9

Panduan Lengkap Cara Membersihkan Keramik

cara-membersihkan-keramik.jpg

Keramik merupakan jenis lantai favorit masyarakat Indonesia. Selain harganya yang lebih murah, jenis lantai yang satu ini juga cukup mudah dalam hal perawatannya jika dibandingkan dengan lantai kayu maupun laminasi. Termasuk mudah saat kita hendak membersihkan dan menjaga pesona tampilannya.

Karena berfungsi sebagai lantai, banyak sekali kotoran yang bisa merusak tampilan keramik. Misalnya saja tumpahan minuman, sisa makanan, sampai benda yang lengket-lengket seperti permen karet. Lantai keramik juga mustahil terhindar dari noda membandel seperti cat dan bekas lilin. Keramik yang masih terlihat kotor, meski telah dipel, tentu bisa merusak keindahan suasana interior ruangan.

Berikut ini cara-cara pembersihan keramik sesuai dengan jenis kotoran yang mengenainya :

Debu

Membersihkan keramik dari debu yang menempel sangatlah mudah. Anda cukup menggunakan cairan pembersih lantai dan kain pel, lalu pel di seluruh ruangan. Alhasil lantai berdebu Anda sudah mengkilap kembali.

Lilin

Pernah secara tidak sengaja meletakkan lilin begitu saja di lantai pada saat mati lampu? Pasti ada sisa lelehan lilin yang melekat di sana. Cara membersihkan tidaklah rumit. Lelehan lilin yang sudah mengeras ini cukup Anda hilangkan dengan menggunakan bantuan benda keras bersudut tumpul. Kikis dengan hati-hati permukaan lantai memakai alat ini agar tidak menimbulkan goresan nantinya. Setelah itu, basuh lantai dengan air hangat untuk menghilangkan sisa-sisanya.

Cat

Ketika sedang mengecat dinding maupun perabotan rumah, biasanya ada percikan cat yang mengentai lantai. Jika tidak langsung dihapus, cat ini lantas akan menempel dengan sangat kuat. Cara menghilangkannya tidak sesulit yang dipikirkan. Sama seperti saat menghilangkan bekas lilin, Anda bisa memakai kape. Kape adalah sebuah alat tukang sejenis pahat logam. Penggunaan kape yang tidak berhati-hati juga bisa meninggalkan goresan di lantai.

Noda Membandel

Maksud noda membandel adalah noda tak bertekstur tetapi bisa melekat di keramik. Noda seperti ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan cara mengepelnya saja, tetapi harus dengan bantuan alat pembersih wajan. Gunakan pembersih ini untuk menggosok permukaan keramik yang ada nodanya. Niscaya keramik akan bersih kembali.

Nat Keramik

Nat adalah istilah untuk menyebutkan lapisan semen penghubung keramik. Biasanya pada lapisan ini banyak ditemukan kotoran yang menumpuk. Untuk membersihkannya, pertama-tama taburkan bubuk deterjen pada nat yang kotor. Gosok secara perlahan dengan tapas. Bila hasilnya kurang bersih, Anda bisa menambah air hangat untuk melembabkan nat terlebih dahulu. Lalu diamkan sekitar 20 menit baru gosok sekali lagi.

Kerak

Lapisan kerak biasanya kita jumpai di kamar mandi. Keindahan keramik akan sirna jika terlihat kerak di sana. Karena sifatnya merekat sangat keras, maka Anda membutuhkan cairan porstek. Siramkan porstek pada lantai yang berkerak, kemudian langsung disikat sampai bersih. Setelah itu, bilas dengan air. Apabila kerak masih terlihat, ulangi langkahnya sekali lagi.