Perawatan
May19

Panduan! Cara Efektif Mengupas Cat Dinding Lama

Proses mengupas cat dinding lama biasanya dilakukan ketika kita ingin menggantinya dengan cat dinding yang baru. Tujuannya agar cat baru tersebut mampu menempel kuat di permukaan tembok dan warna yang keluar pun terlihat lebih sempurna. Bayangkan jika proses pengecatan tidak diawali dengan pengupasan cat lama, tentu daya rekat cat baru akan melemah karena menumpuk di cat lama yang notabene sudah dimakan usia dan mengapur.

Oleh karena itu, cara mengecat dinding yang benar harus diawali dengan mengupas cat lama. Tidak mudah memang untuk membersihkan semua cat lama dari tembok rumah, mengingat cat tersebut memiliki tingkat ketahanan yang berlainan akibat terpapar kondisi yang berbeda-beda. Ada cat yang gampang dikerok, tetapi tidak sedikit juga bagian-bagian cat yang sangat susah dihilangkan. Apalagi jika anda hanya memakai ampelas atau kape saja untuk mengerok dinding, selain cat tidak terangkat dengan sempurna, metode ini juga berisiko menimbulkan goresan pada permukaan tembok.

cara-mengupas-cat-dinding.jpg

Dinding Rumah

Di bawah ini panduan dari Arafuru untuk anda yang ingin mengupas cat dinding lama!

Alat dan Bahan :

  • Paint remover
  • Air
  • Deterjen
  • Kuas
  • Sepon
  • Gayung
  • Ember
  • Tangga
  • Koran bekas

Langkah-langkah :

  1. Kenakan pakaian keamanan berupa baju dan celana panjang, masker, sarung tangan, serta topi. Lalu, keluarkan semua perabotan dari ruangan yang akan dicat ulang, termasuk aksesoris dan hiasan dinding. Kemudian bersihkan seluruh sudut ruangan khususnya bagian dinding dari kotoran dan debu yang menempel. Jangan lupa berikan juga alas berupa koran bekas di sekeliling tepi lantai ruangan guna melindungi lantai tersebut dari noda cat dinding atau paint remover.
  2. Kuaskan paint remover secara merata ke seluruh permukaan dinding. Setelah itu, tunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam agar cairan ini bekerja mengupas cat lama melalui proses kimiawi. Tanda cat sudah melepuh adalah cat lama terlihat menggelembung dan melunak sehingga mudah dikikis.
  3. Gunakan kape untuk mengupas seluruh cat dinding yang lama sampai bersih. Hati-hati saat melakukan hal ini sebab anda akan bersentuhan langsung dengan cairan kimia berbahaya. Yang tidak kalah penting, jangan terlalu bersemangat mengerok cat karena justru akan melukai dinding ruangan tersebut.
  4. Setelah semua lapisan cat lama terangkat seluruhnya, anda bisa membersihkan dinding ruangan tersebut memakai air deterjen. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan sisa-sisa cairan paint remover sehingga proses penerapan cat baru nanti dapat berjalan sesuai rencana. Biarkan dinding selama sehari semalam agar mengering kembali.
  5. Setelah kondisi tembok ruangan benar-benar kering, anda bisa memulai mengecatnya dengan cat baru.

Perlu diketahui, paint remover adalah produk yang sengaja diciptakan untuk membantu menghilangkan cat lama. Produk ini bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat dengan berbagai macam merk dan varian harga mulai dari Rp50 ribu. Sebagai alternatifnya, anda juga bisa menggunakan thinner jenis thinner epoxy dan thinner ND. Kelebihannya adalah harga thinner relatif lebih murah dan proses pengerjaannya pun lebih cepat tanpa harus membilasnya dengan air deterjen.