Perawatan
Dec21

Panduan Bersihkan Kamar Mandi Berkerak dengan Sitrun

Siapa tak mengenal sitrun? Tepat sekali, sitrun atau asam citrat ini memiliki citarasa khas yang masam alias kecut. Tak heran, bahan ini seringkali ditambahkan ke dalam olahan makanan dan minuman, karena memang aman dikonsumsi dan mudah dicerna oleh tubuh manusia.

membersihkan-kamar-mandi-dengan-sitrun.jpg

Menariknya, selain digunakan sebagai campuran kudapan, sitrun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih lho. Meski keampuhannya lebih rendah dibandingkan dengan cuka dan baking soda, sitrun tetap bisa diandalkan kok untuk membersihkan rumah. Apalagi untuk urusan noda membandel seperti di kloset, tembok, dan lantai kamar mandi, sitrun lah jagonya.

Alat dan Bahan :

  • Sitrun
  • Deterjen pakaian
  • Air hangat
  • Spons
  • Sikat

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan membuat cairan pembersih kamar mandi berbahan 1 bungkus sitrun, 1 liter air hangat, dan deterjen pakaian secukupnya. Kemudian, aduk cairan tersebut agar bahan-bahannya tercampur rata.
  2. Setelah itu, bersihkan seluruh permukaan kamar mandi dengan air bertekanan kuat. Semprotkan air dari keran langsung ke dinding, lantai, dan seluruh perabotan mandi. Gunanya adalah untuk membersihkan kotoran dan debu yang mudah dihilangkan.
  3. Tiba saatnya untuk menguji keampuhan sitrun. Caranya, basuhlah permukaan lantai, bak mandi, dan dinding kamar mandi secara merata menggunakan cairan pembersih yang sudah dibuat sebelumnya dengan bantuan spons. Kemudian, biarkan cairan tersebut bekerja menyerap noda selama 1 hingga 2 jam.
  4. Langkah berikutnya, sikatlah seluruh sudut kamar mandi sampai bersih. Tenang, berkat cairan sitrun tadi, noda-noda di kamar mandi menjadi lebih mudah dihapus.
  5. Sebagai langkah terakhir, anda bisa membilas kamar mandi tersebut dengan air bersih. Bagaimana hasilnya, semua noda-nodanya menghilang kan?

Selamat mencoba di kamar mandi anda!