Perawatan
Aug12

Nih, Penyebab Perabotan Kayu Berjamur dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab perabotan kayu yang berjamur? Bagaimana pula cara mengatasi jamur-jamur ini supaya menghilang? Salah satu masalah yang kerap menimpa perabotan berbahan kayu adalah permukaan furnitur tersebut ditumbuhi jamur. Akibatnya furnitur pun menjadi berwarna keputih-putihan, terlihat jorok, dan gampang sekali rusak.

penyebab-perabotan-kayu-berjamur.jpg

Perabotan Kayu

Perabotan-perabotan yang terbuat dari kayu dinilai mempunyai keindahan berlebih dibandingkan dengan material lainnya. Kesan alami dan berkelas lah yang menjadi daya tarik utama dari furnitur-furnitur ini. Perabotan kayu bahkan juga bisa dimasukkan di dalam rumah berdesain etnik tradisional maupun modern minimalis sekalipun.

Hanya saja, perabotan kayu tak luput dari masalah. Jamur yang tumbuh di permukaan kayu bisa menggerogoti strukturnya, sehingga perabotan pun lapuk dan mudah rusak. Jamur akan tumbuh apabila barang-barang yang terbuat dari kayu diletakkan di ruangan yang memiliki sirkulasi buruk dan lembab. Masalah tersebut akan semakin bertambah parah jika anda malas membersihkan perabotan kayu secara berkala.

Lalu, bagaimana sih caranya mengatasi jamur di perabotan kayu?

1. Letakkan Perabotan Kayu di Ruangan yang Normal

Suatu ruangan bisa dikatakan normal bila mempunyai sistem ventilasi udara yang baik. Ruangan juga harus bisa mendapatkan sinar matahari langsung minimal selama 3 jam per hari. Ruangan yang normal akan mendukung kesehatan penghuninya dan menjaga keawetan barang-barang di dalamnya. Jadi, pastikan setiap ruang di rumah anda memiliki ventilasi udara dan cahaya agar interior tidak lembab.

2. Cegah dengan Cairan Water Repellant Anti-Jamur

Supaya perabotan-perabotan kayu yang anda miliki bebas dari jamur, anda bisa melapisinya dengan cairan anti jamur. Dikenal dengan nama water repellant, prinsip kerja cairan kimia ini adalah menghalangi air meresap ke dalam pori-pori kayu. Kuaskan cairan ini ke seluruh permukaan furnitur kayu sampai merata. Dengan tidak adanya kondisi bagian di furnitur kayu yang ideal, jamur pun tidak dapat tumbuh. Cairan water repellant ini bisa anda peroleh di toko-toko bangunan terdekat.

3. Basmi Memakai Obat Anti Nyamuk Semprot

Obat anti nyamuk semprot terbuat dari komposisi bahan-bahan kimia yang bersifat kuat. Kandungan di dalam obat anti nyamuk ini terbukti ampuh sanggup memberantas jamur di perabotan kayu hingga ke akar-akarnya. Anda cukup menyemprotkan obat ini tepat ke arah tumpukan jamur dan biarkan agar cairannya meresap ke dalam kayu. Niscaya cepat atau lambat semua jamur pun akan menghilang seketika.