Perawatan
Aug28

Nih, Cara Memperbaiki Lantai Kayu yang Rusak

cara-memperbaiki-lantai-kayu-yang-rusak.jpg

Bagaimana cara memperbaiki lantai kayu yang rusak? Lantai kayu merupakan jenis lantai yang cocok digunakan untuk desain rumah bergaya tradisional sampai modern. Itu sebabnya, penggunaan lantai kayu di Indonesia pun meningkat tajam tak lain berkat pesona yang dimilikinya ini.

Di sisi lain, lantai kayu juga terkenal mudah rusak. Jenis lantai ini sangat rentan terhadap goresan benda tajam dan air. Perawatannya pun harus ekstra teliti agar pesonanya tidak memudar.

Meskipun begitu anda tak perlu khawatir. Perbaikan lantai kayu terbilang lebih mudah ketimbang jenis lantai rumah lainnya, karena kita tinggal menggantinya saja. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti panduan berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Lantai kayu
  • Bor
  • Catut
  • Martil
  • Ampelas
  • Lem adhesive
  • Pernis

Langkah-langkah :

  1. Untuk memudahkan anda dalam melepas bagian lantai kayu yang rusak, bor-lah permukaan sekeliling lantai tersebut. Selanjutnya, angkatlah lantai yang telah dibor tadi menggunakan bantuan martil dan catut. Hati-hati saat melakukan kedua langkah ini, jangan sampai merusak lantai kayu di sekitarnya.
  2. Setelah lantai terangkat, biasanya terdapat bekas-bekas lem perekat yang masih tersisa di baliknya. Anda perlu membersihkan sisa lem ini terlebih dahulu memakai ampelas agar nantinya tidak mengganggu pemasangan lantai baru.
  3. Setelah itu, siapkan lantai kayu baru yang akan digunakan untuk mengganti lantai yang rusak tadi. Perlu diperhatikan, lantai baru ini sebaiknya dipilih yang memiliki warna dan corak sama dengan lantai lama.
  4. Sebelum mulai memasang lantai baru, pastikan bidang yang akan ditutup telah bersih dan kering. Kotoran-kotoran yang menempel pada dasar lantai tentu akan menyebabkan permukaan lantai yang terpasang tidak rata. Sedangkan, kelembaban air dapat mengakibatkan daya rekat lem menjadi lemah.
  5. Selanjutnya, oleskan lem adhesive pada bidang dasar lantai. Tunggu beberapa saat agar lem tersebut agak mengeras supaya lebih lengket.
  6. Pasangkan lantai kayu baru dengan posisi bagian lidah terlebih dahulu menuju pengunci lantai sebelahnya. Tekan-tekan sedikit dengan bantuan martil agar seluruh bagiannya terpasang sempurna.
  7. Terakhir adalah bagian finishing lantai kayu. Anda dapat memoles lantai tersebut menggunakan pernish agar tampilannya semakin cantik.

Selamat mencoba!