Perawatan
Jan14

Merawat Jendela Kayu agar Tidak Keropos dan Lapuk

jendela-kayu.jpg

Untuk merawat jendela kayu di rumah agar keindahannya tetap terjaga, anda membutuhkan serangkaian tips tersendiri. Perlu diketahui, musuh utama jendela kayu adalah rayap. Serangga kecil ini telah siap setiap saat menggerogiti struktur kayu jendela anda sehingga menjadi keropos. Jendela kayu juga paling rentan dengan air, di mana hal tersebut mampu melapukkan jendela dan membuat strukturnya mudah roboh.

A. Merawat Jendela agar Tidak Keropos

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, musuh utama material kayu adalah rayap. Serangga ini mampu menghabiskan bahan kayu begitu cepat hingga strukturnya menjadi keropos. Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah langkah-langkah dari kami berikut :

  1. Siapkan cairan anti-rayap atau kapur gamping tembok dan kuas. Karena berbentuk padat, khusus untuk kapur perlu dicairkan terlebih dahulu memakai air.
  2. Selanjutnya, kuaskan cairan anti-rayap/kapur gamping tersebut ke seluruh permukaan kayu jendela. Jangan lupa mengaplikasikannya juga pada bagian kusen jendela. Kapur mampu melepaskan hawa panas, sehingga rayap tidak dapat hidup di dalamnya.
  3. Setelah lapisan cairan anti-rayap/kapur gamping tersebut mengering, anda bisa memberikan finishing kembali dengan cat kayu sesuai warna yang dikehendaki.

B. Merawat Jendela agar Tidak Lapuk

Jika rayap menyebabkan struktur kayu keropos, lain dengan air yang akan menjadikan tekstur jendela rumah lapuk. Biasanya, biang keladi dari masalah ini adalah jendela kayu yang terus-menerus tertimpa air hujan atau jendela berada di lingkungan yang lembab. Berikut ini panduan mengatasinya :

  1. Untuk mencegah air meresap ke dalam jendela kayu, salah satu caranya adalah dengan menutup pori-pori kayu tersebut. Anda memerlukan cat tembok, cat kayu, dan kuas. Sebaiknya warna cat tembok dan cat kayu sama agar keindahan jendela tetap terjaga.
  2. Aplikasikan cat tembok ke seluruh permukaan jendela memakai kuas, berikut pada bagian kusen yang mengelilinginya. Tunggu sampai kering, kurang lebih 1 – 3 jam.
  3. Berikutnya, terapkan lah cat kayu di atas lapisan cat tembok tadi. Lakukan dengan teliti agar hasil lapisan catnya tampak rapi dan rata.
  4. Jika posisi jendela terlalu menjorok keluar, sebaiknya anda membuatkan kanopi tepat di atasnya sebagai peneduh jendela dari air hujan.

Selamat mencoba!