Menghilangkan Karat pada Besi dengan Bahan Kimia

Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam menghilangkan karat yang menempel pada besi? Cobalah solusi dari kami berikut ini yaitu menggunakan bahan-bahan kimia yang tepat untuk membersihkan karat tersebut. Jika dibandingkan dengan pemakaian bahan-bahan alami, tentu saja penggunaan bahan-bahan kimia ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien. Cuma Anda harus berhati-hati saat mengerjakannya karena bahan kimia memiliki sifat yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Seperti kita tahu, musuh utama besi adalah udara dan air. Besi sekuat apapun seketika akan menjadi keropos ketika mengalami proses oksidasi yang dipicu oleh kedua zat ini. Bila tidak ditangani sesegera mungkin, tinggal menunggu waktu saja sampai timbul karat pada permukaan besi. Besi yang telah berkarat ini pun lama-kelamaan akan hancur berkeping-keping.

menghilangkan-karat-pada-besi.jpg

Besi yang berkarat juga dapat membahayakan manusia. Partikel-partikel besi yang telah berkarat tersebut gampang sekali terlepas karena ditiup oleh angin. Pada saat Anda bernapas di dekatnya, partikel pun ini secara otomatis akan terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan manusia. Jadi wajib hukumnya bagi Anda untuk menghilangkan karat pada besi tersebut secepat-cepatnya.

Kali ini kami ingin memberikan panduan untuk membersihkan besi yang berkarat menggunakan bahan-bahan kimia.

Alat-alat yang digunakan :

  • Wadah dari kaca
  • Sikat gigi bekas
  • Sarung tangan silikon
  • Masker

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 100 mL cairan Asam klorida (HCl)
  • 1 gram bubuk Hexamethylene tetramine

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Anda bisa membeli cairan Asam klorida (HCl) dan bubuk Hexamethylene tetramine di toko kimia terdekat. Asam klorida berguna untuk meluruhkan partikel-partikel karat yang menempel di permukaan besi. Sedangkan Hexamethylene tetramine berfungsi sebagai penghambat (inhibitor) reaksi yang ditimbulkan oleh Asam klorida sehingga tidak merusak struktur besi yang berkarat.
  2. Kenakan pakaian keamanan seperti masker dan sarung tangan silikon. Kedua alat ini merupakan pakaian standar yang wajib digunakan saat Anda melakukan proses ini. Sarung tangan akan melindungi Anda dari bahan kimia yang tidak sengaja mengenai kulit. Begitu pula dengan bau yang dikeluarkan oleh reaksi kimia bisa ditangkal menggunakan masker. Selain itu, Anda juga harus mengerjakan proses ini di tempat terbuka atau ruangan yang memiliki ventilasi udara yang lancar. Apabila kulit Anda terkena bahan kimia, maka segeralah basuh dengan air yang mengalir.
  3. Tuangkan Asam klorida ke dalam wadah yang terbuat dari kaca. Kemudian tambahkan Hexamethylene tetramine ke dalam wadah tersebut. Aduklah sampai kedua bahan kimia ini tercampur secara merata.
  4. Siapkan benda besi yang berkarat di area kerja. Gunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskan cairan kimia di atas ke permukaan benda tersebut. Lakukan secara hati-hati dan teratur. Mulailah dari bagian benda yang paling atas kemudian berlanjut ke area bawahnya. Gosokkan sikat gigi dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang agar karat yang menempel di besi tersebut gampang menghilang.
  5. Untuk benda yang ukurannya kecil seperi kalung, tali jam tangan, gantungan tas, dan lain-lain, Anda bisa merendamnya di dalam cairan bahan kimia di atas. Sembari benda tersebut direndam, lakukan proses penggosokan menggunakan sikat gigi bekas selama beberapa kali. Warna cairan yang tadinya bening seketika akan berubah menjadi kuning kecokelat-cokelatan karena mengandung partikel-partikel karat. Sikatlah benda tersebut sampai karat yang menempel di permukaannya benar-benar menghilang.
  6. Setelah benda sudah dinilai bersih kembali dan bebas dari karat, Anda bisa membilasnya menggunakan air lalu mengeringkannya kembali. Kemudian Anda bisa mengecat permukaan benda tersebut menggunakan cat besi anti karat agar strukturnya lebih terlindungi. Sementara itu, untuk benda yang termasuk aksesori, Anda cukup mengelapnya menggunakan tisu basah selama beberapa kali hingga permukaannya mengkilap dan bersinar lagi.