Perawatan
Dec23

Membersihkan Keramik Kusam dengan Belimbing Wuluh

Apakah anda ingin membersihkan keramik yang nampak kusam? Ternyata, untuk mengembalikan kilauan pada permukaan keramik ini, jauh lebih mudah dilakukan jika anda menggunakan belimbung wuluh sebagai bahan pembersihnya. Yap, buah yang dikenal memiliki rasa kecut ini memiliki getah yang bersifat asam sehingga ampuh mengangkat kotoran.

cara-membersihkan-keramik-yang-kusam.jpg

Adapun langkah-langkahnya dari kami adalah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Belimbing Wuluh
  • Pisau
  • Sikat Gigi
  • Kain Lap

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama, kupaslah bagian kulit ari belimbing wuluh menggunakan pisau. Tujuannya agar buah belimbing ini mudah dihancurkan dengan tangan pada saat proses pembersihan dilakukan.
  2. Berikutnya, gosokkan belimbing wuluh tersebut ke permukaan keramik sambil sedikit ditekan agar buahnya hancur. Hal ini dimaksudkan supaya getah yang dikeluarkan oleh buah belimbing ini lebih banyak, sehingga bisa menutupi seluruh permukaan keramik secara merata.
  3. Kemudian, anda perlu membiarkan keramik tersebut selama kurang lebih 10 menit agar getah belimbung bekerja dengan optimal. Kadar asam yang tinggi pada air sari belimbing wuluh ampuh mengangkat kotoran membandel penyebab kusam. Selain itu, getah belimbing juga akan memastikan permukaan keramik bersih mengkilap.
  4. Untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian nat keramik, anda bisa menggunakan sikat gigi. Gosoklah permukaan nat keramik tersebut memakai bantuan sikat dengan arah gerak yang seirama.
  5. Sebagai langkah terakhir, jangan lupa bersihkan kembali permukaan keramik menggunakan kain lap basah untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba!