Perawatan
Oct7

Membersihkan Furniture Kayu yang Kusam

Bagaimana cara membersihkan furniture kayu yang kusam? Anda tentu mempunyai beberapa furniture yang terbuat dari kayu di rumah. Wujud dari furniture-furniture tersebut pun beraneka ragam mulai dari kursi, meja, lemari, rak, dan lain-lain. Mungkin Anda memilih furniture kayu lantaran terpikat oleh pesona yang dimilikinya. Furniture kayu memang mampu memancarkan keindahan tersendiri yang tiada duanya. Hal ini pulalah yang membuatnya dapat dimasukkan ke dalam berbagai gaya desain rumah.

Partikel-partikel debu dan kotoran lambat laun akan mengakibatkan penampilan furniture kayu yang tadinya bersih bersinar menjadi kotor dan kusam. Apalagi untuk Anda yang sering merasa malas untuk mengelapnya. Furniture tadi seakan-akan diselimuti oleh lapisan kotoran tebal yang menyelubungi seluruh bagian permukaannya. Jika Anda mengolesnya memakai jari tangan, terasa tekstur permukaan furniture yang begitu kasar. Warna furniture tersebut pun berubah menjadi keputih-putihan sehingga tidak menarik lagi.

cara-membersihkan-furniture-kayu.jpg

Anda harus berhati-hati dalam membersihkan furniture kayu yang tampilannya sudah terlanjur kusam. Dibutuhkan tindakan yang bijaksana supaya proses pembersihan yang Anda lakukan tidak malah berujung pada timbulnya kerusakan pada furniture tersebut. Sebisa mungkin hindari penggunaan bahan-bahan kimia apapun sebab dapat mengakibatkan terkelupasnya lapisan finishing pada furniture kayu. Jangan pernah pula memakai detergen atau sabun pembersih karena bisa menyebabkan timbulnya bercak-bercak berwarna putih.

Kini Anda bisa membersihkan furniture kayu yang kusam menggunakan minyak goreng supaya tampilannya kembali bersih seperti semula!

Alat dan Bahan :

  • Piring kecil
  • Kain lap microfiber
  • Minyak goreng
  • Kemoceng

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan terlebih dahulu seluruh bagian furniture dari debu dan kotoran yang menempel di permukaannya menggunakan kemoceng. Cobalah gerakkan kemonceng tersebut satu arah dari kanan ke kiri atau sebaliknya secara berulang-ulang supaya proses pembersihan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.
  2. Tuangkan minyak goreng ke dalam piring kecil secukupnya. Pastikan Anda memakai minyak goreng baru, bukan minyak goreng bekas pakai atau jelantah. Minyak goreng inilah yang nantinya kita usapkan ke seluruh permukaan furniture sebagai bahan pembersih. Sehingga penggunaan minyak goreng jelantah justru akan mengundang tikus untuk menggerogoti furniture kayu tersebut.
  3. Aplikasikan minyak goreng ke seluruh permukaan furniture dengan lapisan yang tipis. Anda bisa menggunakan kain lap microfiber untuk menguaskan minyak goreng ini. Prosesnya kurang lebih mirip seperti cara memplitur kayu. Hanya saja, kali ini kita menggunakan minyak goreng sebagai bahan utamanya.
  4. Oleskan minyak goreng hanya ke seluruh permukaan furniture yang terbuat dari kayu. Usahakan lapisan minyak yang terbentuk jangan terlalu tebal ya. Kalau sudah, Anda bisa membiarkan furniture tersebut selama 5-7 hari. Tujuannya agar minyak goreng dapat meresap ke pori-pori kayu dengan sempurna.
  5. Mula-mula permukaan furniture kayu yang telah dilapisi minyak goreng tampak mengkilap karena dibasahi oleh minyak goreng. Seolah-olah furniture tersebut baru saja diplitur ulang. Lama-kelamaan minyak goreng akan meresap ke dalam pori-pori kayu sehingga membuat bagian permukaannya bersih kembali.

Selamat mencoba!