Perawatan
Jul27

Mari Ciptakan Rumah yang Aman untuk Anak-anak!

Bagaimana cara menciptakan rumah yang aman untuk anak-anak? Pada dasarnya, rumah adalah tempat tinggal yang paling aman dan nyaman. Rumah harus dibuat dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi aspek keamanan dan kenyamanannya.

Tak terkecuali untuk anak-anak, rumah wajib mendukung keamanan dari setiap anak yang tinggal di dalamnya. Sebagai orangtua, tentu anda ingin memastikan anak-anak anda tetap aman selama tinggal di rumah pribadi. Lantas pertanyaannya, bagaimana cara menciptakan rumah yang aman untuk anak-anak?

cara-menciptakan-rumah-yang-aman-untuk-anak-anak.jpg

Rumah Sebagai Tempat Tinggal yang Aman

Arafuru memberikan tips-tips untuk menciptakan rumah yang aman, khususnya bagi anak-anak.

  1. Lantai : Di ruangan-ruangan tertentu seperti kamar mandi dan dapur biasanya lantai mudah sekali licin. Akibatnya, anak-anak yang berpijak atau berlarian di atasnya pun gampang terpeleset. Jadi, berikanlah perhatian khusus untuk membersihkan lantai di ruangan ini. Letakkan keset dan karpet antiselip untuk mencegah kejadian berbahaya ini menimpa buah hati anda.
  2. Produk Kimia : Produk-produk kimia seperti pembersih lantai, deterjen pakaian, dan obat nyamuk adalah racun yang sangat berbahaya. Usahakan anda menaruh benda-benda ini tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau oleh anak-anak. Misalnya letakkan produk kimia ini di lemari terkunci atau rak yang tinggi. Akan berbahaya sekali kalau anak-anak sampai bermain dengan produk kimia, bahkan sampai menelan atau mengenai mata karena ketidaktahuannya.
  3. Air : Anak-anak umumnya menyukai bermain dengan air. Mereka bisa seharian berada di dalam bak mandi ataupun berenang di kolam. Jangan larang mereka berekspresi dengan bakat dan minatnya. Supaya aman, ajarkan mereka bagaimana teknik berenang dan peraturan keselamatan di dalam air yang benar.
  4. Pagar : Untuk anak-anak yang berusia di bawah tiga tahun, biasanya mereka cukup sulit diarahkan. Bila anda lengah, mereka bisa berada di ruangan yang berbahaya atau bermain dengan benda-benda berbahaya untuknya. Oleh karena itu, sediakan pagar khusus untuk menjaganya berada di tempat-tempat yang aman. Ketika anda sibuk dan tidak sempat mengawasi pola tingkah si kecil, pasang pagar khusus ini di sudut ruangan yang aman dan nyaman.
  5. Dapur : Dapur merupakan ruangan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan makan. Garpu dan pisau berbahaya sekali jika sampai digunakan bermain oleh anak-anak. Di dapur juga terdapat kompor gas yang tidak kalah berbahayanya bagi si buah hati. Sebaiknya temani anak-anak saat berada di dapur, lalu berikan penjelasan mengenai apa-apa yang aman dan berbahaya.
  6. Alarm : Alarm tanda kebakaran adalah pelengkap keamanan yang mesti dipasang di rumah anda. Alarm ini sangat berguna sebagai tanda peringatan adanya bahaya api. Jangan lupa menginstal alarm ini di setiap lantai rumah anda, termasuk lantai bawah tanah jika ada. Ganti baterai alarm secara berkala agar kinerja dan kegunaannya tetap optimal.
  7. Rajin : Biasakan mengecek kondisi keamanan di rumah anda setiap hari. Kita tidak akan pernah kapan potensi bahaya itu muncul. Periksa peletakan benda-benda yang berbahaya dan pastikan tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Usahakan memilih perabotan-perabotan yang mempunyai sudut membulat agar tetap melukai anak-anak. Taruh barang pecah belah di tempat yang kokoh dan susah diambil oleh buah hati anda.