Kiat Mengatasi Air Sumur Bor yang Berpasir

Bagaimana cara mengatasi air sumur bor yang berpasir? Ada banyak penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari air sumur. Penyebabnya, sumur dinilai merupakan sumber air bersih yang murah pembuatannya, mudah pembangunannya, dan minim perawatannya. Beruntung negara kita merupakan negara kepulauan yang mengandung air tanah dalam jumlah yang melimpah.

Tetapi sumur tidak seperti mata air yang bebas dari masalah. Ada saja permasalahan yang dapat menimpa sumur sehingga mencemari kualitas airnya. Salah satu di antaranya yaitu air sumur yang tiba-tiba mengandung pasir. Air tadinya jernih, bersih, dan sehat menjadi keruh akibat adanya kandungan pasir di dalamnya. Tentu saja, air sumur yang berpasir tidak layak untuk dikonsumsi sebab kandungan pasir di dalamnya yang masuk ke tubuh dapat mengakibatkan timbulnya suatu penyakit.

mengatasi-air-sumur-berpasir.jpg

Beberapa pemilik sumur yang airnya tercemar oleh pasir kerap kali mencoba untuk mencuci sumur tersebut. Caranya adalah menyedot air sebanyak-banyaknya dengan tujuan untuk melakukan pengurasan sehingga diharapkan semua pasir yang terkandung di dalamnya bisa diangkat. Kadang-kadang metode ini dapat mengatasi masalah sumur bor yang berpasir. Namun tidak sedikit pula orang yang mengaku gagal menguras sumurnya dikarenakan saking banyaknya kandungan pasir di dalam sumur tersebut.

Kami mempunyai sebuah solusi buat Anda untuk mengatasi masalah yang rumit ini.

  1. Kami sangat menyarankan supaya seluruh pekerjaan ini dilakukan oleh tukang yang berpengalaman karena risiko terjadinya kerusakan cukup tinggi. Jika Anda berani menanggung risiko tersebut, tidak ada salahnya untuk mengerjakannya sendiri. Hitung-hitung untuk menambah pengalaman Anda sekaligus mengasah keterampilan.
  2. Mulailah dengan mengangkat pipa mata jet yang sudah terpasang pada sumur Anda. Lakukan dengan sangat hati-hati. Apabila ada bagian yang sulit untuk diangkat, jangan memaksanya. Anda harus melonggarkan sedikit pemasangan pipa tersebut dengan memutar-mutar pipa tadi.
  3. Setelah semua pipa saluran air terangkat, kini saatnya untuk memasang filter pada pipa tersebut. Filter pasir yang paling sederhana dapat dibuat dari strimin atau kawat kasa nyamuk. Filter ini dipasang di lubang pemasukan air yaitu pipa yang paling bawah. Perkuat posisi pemasangan pipa dengan mengikatnya menggunakan tali plastik atau kawat stainless steel agar tidak berkarat.
  4. Kini waktunya untuk memasang kembali semua pipa saluran air ke dalam sumur. Sembari memasukkan pipa, Anda bisa mengecek sekali lagi kalau semua pipa dalam kondisi bagus serta tidak ada yang mengalami kebocoran. Usahakan kurangi panjang pipanya sampai kira-kira 1 m hingga 3 m. Pengurangan dilakukan khususnya pada pipa yang terletak di bawah mata jet atau tussen klep.
  5. Jangan lupa lakukan pengetesan terhadap hasil pekerjaan Anda. Nyalakan mesin pompa air, lalu amati kualitas air sumur yang keluar dari keran. Seharusnya volume ruang air yang semakin meningkat di dalam sumur bor membuat kandungan pasir di dalamnya tidak mudah tersedot oleh mesin. Kendati tersedot, butiran-butiran pasir ini akan tertahan oleh kawat kasa sehingga tidak bisa ikut mengalir ke dalam saluran pipa menuju keran. Alhasil, air yang keluar dari keran bebas dari butiran-butiran pasir.