Perawatan
Nov27

Kapan Anda Harus Merenovasi Rumah Tinggal?

Kapan saya harus merenovasi rumah tinggal? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan pengunjung Arafuru melalui kontak dan email. Baiklah dalam artikel kali ini, kami akan menjawabnya secara lengkap.

Setidaknya, ada lima kondisi di mana anda sebagai pemilik rumah harus melakukan renovasi, di antaranya :

1. Ketika Ingin Memperbaiki Struktur Bangunan yang Rusak

renovasi-rumah.jpg

Alasan utama seseorang merenovasi rumahnya ialah karena ada salah satu bagian ruangan yang rusak. Misalnya kloset mampet, kusen pintu lapuk, lantai ruangan patah, cat dinding memudar, serta berbagai jenis kerusakan lainnya. Renovasi yang dilakukan untuk segala permasalahan ini harus sesegera mungkin dikerjakan untuk memastikan rumah tetap aman dan indah.

2. Ketika Ingin Merubah Desain Rumah

renovasi-desain-rumah.jpg

Pembangunan suatu rumah terkadang menyisakan desain yang lambat laun mulai terasa membosankan. Oleh karena itu, anda perlu menghidupkan kembali seisi desain rumah tersebut agar sesuai dengan gaya hidup saat ini. Sebagai contoh, kamar mandi yang dilengkapi bak air untuk saat ini kurang diminati dan terkesan kuno. Maka dari itu, anda bisa merenovasi ulang ruangan ini dengan mengubah bak tersebut menjadi shower dan bathtub sehingga tampak lebih modern.

3. Ketika Merasa Suatu Ruangan Terlalu Besar/Kecil

renovasi-ruangan-rumah.jpg

Apakah kondisi interior rumah anda mudah sekali berantakan? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah anda salah dalam membagi ukuran untuk tiap-tiap ruangan. Memang benar, ada beberapa orang yang menyukai ruang tamu berukuran luas karena terasa lega. Namun, jika anda lebih tertarik dengan ukuran ruang tamu yang sempit sehingga terasa akrab, maka jangan memaksakan diri menghadirkan ruangan yang luas. Ketertarikan yang berlainan seperti ini sama-sama bisa dimaklumi karena memang karakteristik setiap orang juga berbeda-beda.

4. Ketika Ingin Menambahkan Suatu Fungsi Tertentu

renovasi-rumah.jpg

Tren saat ini menjadikan rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, melainkan ada fungsi tertentu yang juga bisa ditambahkan. Misalnya adalah rumah yang juga berfungsi sebagai tempat relaksasi, di mana anda perlu menciptakan hunian yang berkesan bersih, alami, dan menenangkan. Di sinilah renovasi perlu dilakukan untuk menyesuaikan ruangan tersebut sehingga mengeluarkan nuansa yang sesuai keinginan.

5. Ketika Ingin Menciptakan Suasana yang Berbeda

renovasi-suasana-rumah.jpg

Merenovasi rumah juga biasanya dilakukan saat anda ingin mendapatkan suasana tempat tinggal yang baru. Sebagai contoh, jika suasana rumah anda saat ini tampak romantis dan agak gelap temaram, maka anda bisa mencerahkannya dengan mengganti cat dinding dan mengatur pencahayaan ruangan ini dengan lampu berwarna putih.