Perawatan
May23

Jenis-jenis Tanaman untuk Roof Garden

Sponsored Links

contoh-tanaman-roof-garden.jpg

Taman atap rumah akan tampil sempurna apabila dihiasi dengan jenis tanaman untuk roof garden yang beraneka warna. Pemilihan tanaman ini mutlak dilakukan guna menghadirkan ruang hijau di sekitar rumah. Bukan sekedar memperindah rumah, tetapi juga menciptakan lingkungan sehat dan berkualitas.

Membuat taman atap memang tak semudah membuat taman biasa. Perlu observasi untuk mengetahui kualitas atap rumah, penyiapan lahan, sampai pemilihan tanaman. Alih-alih memperkaya desain taman atap yang cantik, jangan sampai atap rumah hancur akibat pertumbuhan tanaman yang tak terkendali. Berikut ini jenis-jenis tanaman yang cocok digunakan untuk taman atap (roof garden) :

1. Ciri-ciri tanaman

Ciri-ciri tanaman yang bagus digunakan untuk taman atap adalah yang tahan terhadap terpaan sinar matahari langsung. Hal ini penting diperhatikan mengingat lokasi pertumbuhan tanaman akan memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari dibandingkan taman biasa. Selain itu hindari tanaman yang mempunyai pertumbuhan akar menghujam ke bawah. Contohnya adalah pohon palem. Sebagai gantinya gunakan tanaman yang pertumbuhan akarnya menyebar seperti pohon pagoda. Untuk mempercantik desain taman atap, Anda bisa menggunakan tanaman yang rajin berbunga dan memiliki percabangan yang banyak. Contohnya adalah mawar, bougainville, kamboja, melati, dan lain-lain.

2. Tanaman berbatang lunak

Kelebihan memilih tanaman yang berbatang lunak adalah selain pertumbuhannya yang relatif lambat, Anda pun bisa mengkreasikan batangnya sehingga memiliki bentuk desain dan pola tertentu. Tanaman dengan jenis ini pun tidak berbahaya bagi kualitas atap rumah. Contoh tanaman berbatang lunak adalah pandan kuning, aracea, lili paris, sambang darah, dan rulea.

3. Tanaman berbatang keras

Tanaman berbatang keras biasanya tahan terhadap sinar terik dan curah hujan tinggi. Ditambah tanaman ini tidak memerlukan air banyak sehingga mudah dalam perawatannya. Usahakan dalam memilih tanaman jenis ini pilihlah yang bisa menghasilkan buah sehingga akan menambah keindahan taman atap. Contoh tanaman berbatang keras adalah bougainville, jeruk, belimbing wuluh, cermai, dan kamboja.

4. Tanaman berbunga

Kehadiran bunga memang tidak bisa dipisahkan dari suatu taman. Bunga yang cantik dan wangi bisa menciptakan suasana nyaman di roof garden. Pilihlah tanaman berbunga favorit Anda dan usahakan tanaman ini rajin berbunga. Contoh tanaman berbunga untuk taman atap adalah mawar, melati, anggrek, dan kembang sepatu.

Tags: halaman

Sponsored Links

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply