Perawatan
May3

Intip Cara Memasang Kunci Pintu Yuk!

Bagaimana cara memasang kunci pintu yang benar? Sebagai sarana pendukung keamanan suatu rumah, kunci merupakan bagian dari pintu yang memiliki peranan sangat penting. Adanya kunci tersebut memungkinkan pintu dapat ditutup dengan rapat dan sulit sekali untuk dibuka. Anda pun dapat merasa tenang selama bepergian keluar meninggalkan rumah.

Banyaknya ragam kunci pintu yang tersedia saat ini tentu akan memudahkan kita dalam menentukan mana kunci yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Mulai dari kunci yang mempunyai mutu apa adanya, sampai dengan kunci yang dibanderol dengan harga di atas rata-rata pun dapat dijumpai dengan mudah di pasaran. Sudah menjadi rahasia umum kalau harga menentukan kualitas. Tetapi jika pemasangan kunci pintu tersebut kurang tepat, maka hasilnya sama saja sih.

cara-memasang-kunci-pintu.jpg

Lantas, bagaimanakah caranya memasang kunci pintu yang tepat? Yuk, ikuti panduan langkah-langkah berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Penggaris
  • Penggaris siku
  • Pensil
  • Bor listrik
  • Pahat kayu 1 dan 2 inci
  • Pintu
  • Kunci

Langkah Kerja :

  1. Tentukan posisi di mana kunci akan dipasang pada pintu. Sesuai postur tubuh orang kebanyakan, kunci pintu biasanya dipasang di ketinggian sekitar 90-100 cm. Jangan lupa pastikan posisi ini juga memungkinkan bagian pengait kunci dapat menjangkau lubang kunci yang terdapat di kusen.
  2. Setelah itu, tandai posisi tersebut memakai pensil dengan jelas. Usahakan tanda yang dibuat mengikuti bentuk lingkar kunci sehingga Anda bisa lebih mudah membobol pintu nantinya. Buat tanda juga pada kusen sebagai tempat pembuatan lubang pengait kunci dengan posisi sejajar terhadap letak pintu yang akan dipasang.
  3. Untuk melubangi pintu sebagai tempat pemasangan kunci, Anda bisa menggunakan pahat kayu yang berukuran 1 dan 2 inci. Congkel lapisan kayu persis di tanda yang sudah dibuat sebelumnya secara perlahan-lahan. Setelah lubang pemasangan kunci selesai dibuat, selanjutnya buat pula lubang untuk kaitan kunci pada kusen sesuai dengan posisi yang telah ditentukan.
  4. Saatnya memasang kunci pada pintu. Cobalah beberapa kali untuk memastikan kunci bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Periksa juga apakah kunci tersebut sudah benar-benar dapat mengait ke lubang di kusen dengan sangat rapat atau belum.
  5. Bila semuanya dirasakan sudah beres dan kunci pintu dapat berfungsi maksimal, Anda bisa mulai memasang sekrup penahannya. Gunakan bor listrik supaya pemasangan sekrup-sekrup ini bisa dilakukan dengan gampang. Dianjurkan pula untuk memberikan pelapis berupa lem pada bagian atas seluruh sekrup tadi agar sukar dilepaskan oleh siapa pun.