Perawatan
Jul16

10 Kiat Membangun Desain Taman Rumah

Tren konsep taman selalu mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Khususnya untuk rumah minimalis, taman yang dimiliki biasanya terlihat sederhana untuk menghadirkan kesan lapang. Kreativitas yang dimainkan pun lebih banyak digunakan. Dari segi perawatannya, taman seperti ini lebih unggul karena tidak membutuhkan penanganan yang rutin.

Berikut ini langkah-langkah membuat taman minimalis :

1. Apakah Taman Minimalis Sesuai dengan Desain Rumah Anda?

Taman minimalis sangat cocok diterapkan bagi Anda yang mencintai kebersihan dan kerapian serta perawatan yang sederhana. Konsep ini banyak digunakan pada lingkungan perkotaan yang mayoritas penduduknya sangat sibuk, mulai dari pebisnis muda, penggemar rumah minimalis sampai mereka yang sering meninggalkan rumahnya. Orang-orang ini cenderung menyukai tanaman yang mudah merawatnya. Selain faktor tanaman, taman minimalis biasanya juga dihiasi dengan patung dan kolam air. Penghiasan taman dilakukan untuk mendapatkan aroma segar ketika berada di sana.

desain-taman-rumah.jpg

2. Menghias Taman dengan Ornamen

Taman minimalis dirancang secara efektif untuk menghasilkan ruangan kosong di sekitarnya. Anda hanya memerlukan sedikit tanaman karena penghiasan juga dilakukan melalui bentuk-bentuk ornamen yang unik. Buatlah beberapa bentuk lanskap yang unik untuk mengimbangi keberadaan tumbuh-tumbuhan.

3. Menciptakan Lanskap yang Mampu Mengikat Tanaman

Memilih tanaman hias memang merupakan kunci dari pembuatan taman minimalis. Akan tetapi, Anda juga memerlukan beberapa lanskap yang bisa tampil di depan dan mampu mengikat suasana taman.

4. Gunakan Material yang Sama untuk Patung dan Tembok

Fungsi penggunaan material yang sama adalah agar keindahan patung juga bisa mengalir ke seluruh tembok yang mengelilinginya.

5. Atur Pencahayaan untuk Menciptakan Efek yang Indah

Atur tata letak pencahayaan taman di sekitar teras untuk mempercantik nuansa taman saat senja datang. Hal ini akan menjadikan taman terlihat sempurna baik di siang maupun malam hari.

6. Tambahkan Air untuk Menciptakan Ketenangan

Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang ideal di taman adalah dengan memanfaatkan air. Air yang tenang mampu menghasilkan ruang refleksi yang menenangkan dan bagus untuk tempat meditasi.

7. Minta Bantuan Jasa Desain Rumah

Penting bagi Anda meminta bantuan arsitek taman profesional untuk mewujudkan ide-ide taman impian Anda. Jangan takut memberikan saran apabila ada desain yang kurang sesuai dengan hati Anda dan bisa didiskusikan ulang.

8. Memakai Material Keras untuk Menciptakan Kesan Minimalis

Baja, kayu, kaca dan beton adalah bahan-bahan yang sering digunakan untuk mendesain taman minimalis. Sayangnya bahan-bahan ini terlihat kaku dan dingin apabila berdiri sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa memadukannya satu sama lain. Sebagai contoh, Anda bisa memaksimalkan fungsi kayu, sedangkan besi dibentuk bergelombang untuk menciptakan fokus taman dan cermin digunakan untuk permainan cahaya agar kesan luas di taman bisa muncul.

9. Tanam Tumbuhan Secara Horizontal

Taman minimalis memiliki ciri khas yaitu suasana yang rapi. Hal ini tidak terlepas dari pola penanaman tumbuh-tumbuhan di dalamnya yang berbentuk horizontal. Tidak hanya semak yang bisa Anda tanam dengan pola ini, tetapi juga pepohonan seperti pakis dan cemara. Keuntungan lain dari sistem tanam seperti ini adalah kemampuan akar tanaman dalam menahan air di dalam tanah jauh lebih besar dan mampu menekan pertumbuhan gulma di sekitarnya.

10. Hindari Membuat Area Depan dan Belakang Terlihat Simetri

Satu kesalahan yang sering dilakukan pada taman minimalis adalah membuat barisan depan dan belakang tampak seperti. Sebetulnya hal ini tidak perlu dilakukan sebab taman akan terlihat tidak dinamis jika menggunakan pola seperti ini. Untuk memunculkan pola asimetris, Anda bisa menambahkan patung dan kolam tepat di tengah area taman.