Perawatan
Aug29

Inilah Cara Mencuci Helm Motor yang Benar

cara-mencuci-helm-agar-kinclong.jpg

Bagaimana cara yang benar dalam mencuci helm sepeda motor? Selain berfungsi sebagai pelindung kepala saat mengendarai sepeda motor, helm juga mampu menunjang penampilan si pemakainya. Helm yang sering dikenakan, lambat laun akan mengalami kotor akibat terus-terusan terkena debu. Bagian dalamnya pun terlihat menghitam karena tertimbun oleh kotoran-kotoran kepala.

Lantas, bagaimanakah cara untuk mencucinya?

Alat dan Bahan :

  1. Spons pembersih
  2. Shampo
  3. Kain non-fiber
  4. Ember
  5. Air
  6. Pewangi helm
  7. Handuk
  8. Langkah-langkah :

    1. Siapkan ember yang berukuran cukup besar dan muat menampung helm anda. Isikan air ke dalam ember tersebut hingga mencapai setengahnya.
    2. Lalu, tuangkan shampo ke dalam ember tersebut secukupnya saja. Penggunaan shampo kami pilih karena partikel shampo yang tidak menyebabkan goresan, mampu bertindak sebagai pembersih, serta mempunyai aroma yang wangi.
    3. Selanjutnya, rendamlah helm anda ke dalam ember tersebut selama 1 jam. Pastikan seluruh bagian helm terendam di dalam air.
    4. Setelah satu jam berlalu, anda dapat menggosok bagian dalam helm menggunakan spons untuk menghilangkan noda-noda yang membandel. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai anda merusak susunan busa di dalam helm tersebut.
    5. Sementara itu, bagian luar helm bisa dibersihkan dengan mengelapnya memakai produk kain tanpa serat. Dengan menggunakan kain berjenis ini, sekeras apapun anda menggosok helm tetap tidak akan menimbulkan goresan di permukaannya.
    6. Setelah itu, bilaslah semua bagian helm tersebut sampai bersih. Goyang-goyangkan sedikit agar yang terjebak di dalam helm bisa turun keluar.
    7. Jangan lupa, sebelum menjemurnya, helm perlu dilap dengan handuk kering terlebih dahulu.
    8. Untuk mengeringkannya, kami menyarankan helm dijemur dengan cara diangin-anginkan saja. Meskipun memakan waktu yang lebih lama, cara ini dinilai lebih aman karena tidak menyebabkan warnanya memudar. Sebaliknya, pengeringan yang langsung dilakukan di bawah terik matahari akan menyebalan permukaan helm tersebut cepat kusam.
    9. Setelah helm kering, anda bisa menambahkan produk penyegar agar aroma helm lebih segar dan harum.
    10. Cucilah helm anda secara berkala sesuai dengan tingkat pemakaian helm tersebut. Jangan sampai anda menanggung malu akibat teman-teman anda menemukan helm anda terlihat sangat dekil dan bau.