Perawatan
Mar9

Inilah Cara Memutihkan Pakaian Berwarna Putih

Bagaimana cara memutihkan pakaian berwarna putih? Pakaian berwarna putih merupakan salah satu pakaian favorit semua orang. Hal ini karena pakaian putih mampu menciptakan suatu kesan pribadi yang terlihat sederhana, namun tetap elegan. Tentu saja, kesan ini tidak terlepas dari tampilan pakaian yang sangat bersih dan bersinar. Sebaliknya, seseorang yang memakai pakaian berwarna putih akan tampak kurang menarik apabila pakaiannya sudah lusuh dan tampak kekuning-kuningan.

Seiring berjalannya waktu, pakaian yang tadinya berwarna putih bersih lama-kelamaan akan mulai terkena noda sehingga tampak kekuning-kuningan. Menyuci di mesin cuci saja tidak cukup untuk melenyapkan noda kekuning-kuningan ini. Anda memerlukan suatu trik khusus agar pesona pakaian putih kembali keluar.

cara-memutihkan-pakaian-putih.jpg

Pakaian Putih

Lantas, bagaimanakah solusinya?

Alat dan Bahan :

  • Air Bersih
  • Deterjen Pakaian
  • Cairan Pemutih Pakaian
  • Serbuk Asam Sitrat/Sitrun

Langkah-langkah :

  1. Rendamlah pakaian berwarna putih ke dalam seember air yang telah dicampur cairan pemutih pakaian selama 15 menit. Bolak-balik posisi pakaian rendaman secara berkala agar seluruh noda yang tertempel pada pakaian tersebut hilang. Hindari merendam pakaian terlalu lama karena dapat merusak serat pakaian. Sebagai catatan, lewati langkah ini apabila pakaian putih anda tidak terkena noda membandel dan hanya berwarna kekuning-kuningan saja.
  2. Kucek dengan tangan seluruh pakaian yang telah direndam tersebut sampai bersih. Gunakan deterjen pakaian secukupnya untuk meluruhkan semua noda yang melekat di pakaian. Hindari penggunaan sikat karena dapat merusak tekstur pada pakaian tersebut.
  3. Setelah semua pakaian selesai dikucek bersih, bilaslah pakaian-pakaian ini di air mengalir. Pastikan semua busa deterjen telah hanyut bersama air dari pakaian-pakaian tersebut.
  4. Rendam kembali pakaian putih yang telah bersih ini ke dalam air yang dicampur dengan asam sitrat. Perendaman dilakukan selama 1 jam supaya warna putih pada pakaian bebas noda kekuning-kuningan, tampak jernih, dan lebih bersinar.
  5. Setelah 1 jam berlalu, pakaian putih tersebut bisa langsung dijemur di salah satu sudut halaman rumah yang teduh tanpa perlu dibilas kembali. Jangan pernah menjemur pakaian di bawah terik matahari langsung karena bisa merusak warna pakaian.

Selamat mencoba!