Perawatan
Aug26

Ini Tips Efektif Atasi Dinding Rembes

tips-mengatasi-dinding-rembes.jpg

Bagaimana tips mengatasi dinding rembes yang efektif? Memang mengesalkan sekali ya, melihat dinding yang sudah dicat bagus tiba-tiba luntur akibat adanya rembesan pada dinding tersebut. Mau dicat secantik apapun tetap saja akan memudar.

Sebenarnya, penyebab rembesan air di tembok rumah ini bisa bermacam-macam. Ada kalanya rembesan berasal dari air tanah yang naik melalui pori-pori tembok. Bisa juga disebabkan oleh terpaan air hujan pada dinding bagian luar yang merembes masuk ke dalam.

Selain itu, ruangan yang berbatasan langsung dengan kamar mandi juga sangat rawan terjadi rembesan air. Adanya keretakan pada suatu dinding bahkan lebih rawan mengakibatkan permukaan dinding selalu basah.

Untuk mengatasinya, ikuti panduan berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Cat pelapis antibocor
  • Cat dinding
  • Adonan semen
  • Sekop
  • Roller cat

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan mencari penyebab kenapa rembesan air bisa muncul di dinding rumah anda.
  2. Lalu, lapisilah sumber rembesan tersebut dengan cat pelapis antibocor. Lakukan secara merata di kedua sisi dinding.
  3. Apabila terdapat kerusakan/keretakan pada dinding, anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu dengan mengupasnya lalu direfinishing lagi. Lakukan dengan cermat seperti yang sudah kami bahas di sini.
  4. Tunggu beberapa saat sampai semua proses di atas mengering sempurna. Permukaan dinding yang lembab, tentu akan menyebabkan masalah baru pada cat furnishing.
  5. Terakhir, anda dapat mewarnai dinding tersebut memakai cat dinding yang sesuai. Pastikan cat sudah dicairkan terlebih dahulu agar hasil warna yang nampak tidak belang-belang dengan permukaan sekelilingnya.

Selamat mempraktekannya di rumah!