Perawatan
Aug31

Ini Tips Bersihkan Sofa Kulit dari Noda Membandel

tips-membersihkan-sofa-kulit.jpg

Bagaimana tips membersihkan sofa kulit yang benar? Bahan kulit merupakan salah satu bahan pelapis termewah untuk furnitur berjenis sofa. Sofa yang dilapisi oleh bahan ini akan terlihat elegan dengan penampilannya yang sangat anggun dan bernilai seni tinggi.

Agar kesan tersebut bisa terus terjaga, anda perlu memastikan sofa di rumah anda selalu bersih. Tidak sulit kok untuk membersihkannya. Berikut ini panduan dari Arafuru untuk anda :

Manfaatkan Kain Microfiber dan Vacum Cleaner

Dua alat pembersih yang aman digunakan untuk merawat sofa kulit adalah kain microfiber dan vacum cleaner. Bahan kain microfiber yang lembut memungkinkan kain ini tidak akan melukai kulit sofa anda. Sedangkan, vacum cleaner sangat ampuh menyedot debu-debu yang melekat di sudut-sudut sofa yang sulit dijangkau. Hindari memakai kemonceng karena bisa menggores permukaan sofa kesayangan anda.

Segera Keringkan!

Ada kalanya ketika anda sedang asyik-asyiknya menikmati minuman, minuman tersebut tumpah mengenai sofa. Segeralah bersihkan tumpahan tersebut sampai kering. Jangan biarkan air menyebar dan membuat sofa anda menjadi lembab. Adapun caranya ialah cukup diseka saja dengan kain microfiber tanpa bantuan deterjen pembersih apapun.

Bersihkan Noda dan Keringkan

Untuk noda bekas jus dan saus, membersihkannya pun harus hati-hati. Pertama-tama, bersihkan dulu noda yang menempel tersebut dengan kain lembab. Selanjutnya keringkan dengan kain lap bersih agar tidak menjadi tempat berkembangnya jamur.

Hati-hati dengan Minyak

Selain membawa minuman, kita juga sering menikmati aneka makanan di atas sofa kulit. Tahukah anda, bahan kulit sangat rawan terhadap kandungan minyak yang terdapat dalam suatu makanan. Minyak bisa menyebabkan timbulnya bercak-bercak di permukaan sofa. Maka sebisa mungkin noda minyak ini harus dibersihkan sampai tuntas. Setelah itu, gunakan kain bertekstur lembut untuk mengeringkannya.

Bersihkan dengan Alkohol

Dari sekian banyak jenis-jenis noda yang dapat mengotori sofa ruang tamu, noda tinta merupakan salah satu jenis noda yang paling membandel. Sifat tinta yang mudah meresap dan cepat mengering membuat pembersihannya harus dilakukan dengan sedikit trik. Anda bisa mencoba menggunakan kain katun yang sudah dibasahi dengan cairan alkohol, lalu gosokkan pada noda tinta tersebut. Lakukan secara bertahap sampai noda tinta benar-benar menghilang.