Perawatan
Sep10

Ini Tips agar Mainan Anak Tidak Mudah Berantakan

Ingin tahu rahasia agar mainan anak tidak berantakan? Anak-anak biasanya hobi sekali bermain. Agar anak anda juga senang merapikan kembali mainannya, salah-satu caranya adalah dengan menyediakan tempat mainan yang terlihat menarik.

Berikut ini 4 inspirasi dari arafuru.com :

1. Kotak Mainan

tips-mainan-anak.jpg

Anda tentu pernah menonton serial animasi Shinchan kan? Nah, dalam serial tersebut Mama Misae menyediakan kotak berukuran cukup besar untuk menyimpan mainan-mainan anaknya. Mengapa tidak meniru ide ini saja?

Kotak mainan anak biasanya dibuat dari bahan kayu atau plastik. Agar semakin menarik, kotak tersebut lantas dihiasi dengan warna-warna cerah dan motif khas anak-anak. Usahakan, meskipun kokoh, bobot kotak mainan ini tetap ringan sehingga mudah digeser oleh buah hati kita. Yang tak kalah penting, pastikan juga box tersebut aman bagi anak-anak.

2. Rak Buku

tips-penyimpanan-mainan-anak.jpg

Selain sebagai tempat menyimpan buku, rak buku juga dapat dialihfungsikan menjadi wadah menaruh mainan. Lihat saja di toko-toko mainan, kebanyakan toko-toko tersebut memanfaatkan rak sebagai tempat memajang mainan.

Kelebihan memakai rak ini, susunan mainan akan terlihat lebih menarik dan lebih rapi. Mainan pun tidak mudah rusak akibat saling bertindihan dan bertumbukan.

3. Lemari Mainan

ide-mainan-anak.jpg

Jika koleksi mainan anak anda sudah cukup banyak, maka box dan rak saja tidak cukup untuk menampungnya. Diperlukan wadah yang cukup besar, seperti lemari, agar mainan-manan tersebut dapat disimpan dengan baik.

Sediakan lemari berukuran sedang yang dilengkapi dengan beberapa pintu. Percantik masing-masing pintu tersebut dengan warna yang berbeda-beda. Tambahkan aksesoris berupa susunan huruf A-Z di samping lemari dan gambar tempel di pintu-pintunya. Biasakanlah anak anda menaruh mainan miliknya secara berkelompok. Misalnya robot dengan robot, puzle dengan puzle, dan kendaraan dengan kendaraan.

4. Furniture Multifungsi

inspirasi-mainan-anak.jpg

Apabila rumah anda berukuran mungil, anda bisa menyediakan tempat mainan ini dalam bentuk furniture multifungsi. Contohnya adalah ranjang tidur dengan laci-laci di bawahnya, meja dengan rak-rak kecil, atau sofa yang dilengkapi dengan box. Biasanya, opsi inilah yang paling mampu merangsang anak untuk menata mainan-mainannya.