Perawatan
Aug26

Ini Cara Menghilangkan Karat Pada Pagar Besi

cara-menghilangkan-karat-pada-pagar-besi.jpg

Ingin menghilangkan karat pada pagar besi dengan mudah? Salah satu bahan pagar yang paling banyak digunakan adalah besi. Sayangnya, di balik kekuatannya yang sangat kokoh itu, besi mudah sekali berkarat terutama bila terkena air hujan. Lantas, bagaimanakah solusi untuk mengatasinya?

Alat dan Bahan :

  • Kain lap kering
  • Sikat berbulu kawat
  • Ampelas khusus untuk besi
  • Kuas dengan ukuran sesuai jeruji pagar
  • Cat pelapis antikarat
  • Cat besi

Langkah-langkah :

  1. Bersihkan karat yang melekat pada pagar besi dengan bantuan sikat. Hati-hati saat melakukannya sebab karat besi tersebut bisa menimbulkan iritasi di kulit.
  2. Selanjutnya, ampelaslah seluruh permukaan besi agar benar-benar halus. Berikan perhatian yang lebih pada celah-celah pagar di mana bagian ini merupakan tempat berkumpulnya karat dan kotoran.
  3. Kemudian, bersihkan noda-noda bekas pengampelasan tersebut menggunakan kain lap. Usahakan lap yang dipakai dalam kondisi kering. Pastikan semua permukaan pagar telah bersih sempurna.
  4. Tahap berikutnya adalah penggunaan cat pelapis anti karat. Biasanya cat pelapis ini berwarna transparan. Namun jika tidak ada, anda dapat menggunakan cat pelapis berwarna putih agar hasil akhir dari warna pagar yang anda inginkan bisa keluar seutuhnya. Selanjutnya, biarkan cat mengering sempurna selama seharian penuh.
  5. Keesokan harinya, anda dapat mengaplikasikan cat furnishing dengan warna yang ingin anda muncullan pada pagar tersebut. Warna hitam dapat menciptakan kesan kokoh sedangkan putih untuk pagar yang terlihat anggun.

Selamat mencoba