Perawatan
Dec10

Ini Cara Memasang Panel Kayu pada Dinding Interior

Anda ingin memasang panel kayu pada dinding interior rumah? Ada beragam cara untuk memperindah desain interior. Melapisi dinding dengan panel kayu adalah salah satunya.

Yap, panel kayu merupakan aksen dinding yang paling kami rekomendasikan, khususnya bagi anda yang ingin menciptakan interior bergaya natural. Motif dan warna khas kayu seketika akan menghadirkan nuansa alami yang sangat kuat. Bahkan, dinding berbahan panel kayu ini akan menjadi kombinasi paling serasi dengan lantai kayu.

cara-memasang-panel-kayu-pada-dinding.jpg

Tapi pertanyaannya, bagaimanakah langkah-langkah pemasangan panel kayu ini?

Alat dan Bahan :

  • Panel kayu
  • Kayu kaso
  • Lem PPVC
  • Paku/sekrup
  • Serutan kayu

Langkah-langkah :

  1. Tentukanlah pola susunan panel kayu yang anda inginkan. Apakah membentuk pola vertikal (tegak) atau horisontal (tidur)? Hal ini akan mempengaruhi pola pemasangan rangka yang benar.
  2. Pastikanlah permukaan kayu kaso yang alami dipakai sudah bertekstur halus, karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kerapian hasil akhir nantinya. Jika permukaan kayu kaso terasa kasar, anda bisa menghaluskannya menggunakan serutan kayu. Mirip seperti pada plafon rumah, kayu kaso ini akan digunakan sebagai rangka pemasangan panel kayu.
  3. Setelah itu, pasanglah rangka dari kayu kaso tersebut ke dinding interior dengan pola berlawanan dari susunan panel kayu yang diinginkan. Sebagai contoh, jika anda menginginkan panel kayu disusun secara vertikal, maka rangka kayu kaso dipasang dengan susunan horisontal, begitupun sebaliknya. Pasanglah kerangka kayu ini ke dinding menggunakan paku/sekrup, dengan jarak masing-masing rangka kayu yaitu 40 cm.
  4. Sebelum memasangkan panel kayu ke rangka kaso, anda bisa mengecek kualitas panel kayu terlebih dahulu. Pastikan ketebalan panel-panel kayu tersebut sama persis dan semua sudut-sudutnya pun membentuk ukuran 90 derajat. Akan lebih baik lagi jika anda telah membeli panel kayu jauh-jauh hari, sehingga perubahan muai-susut panel akibat beradaptasi dengan kondisi interior terjadi sebelum pemasangan.
  5. Setelah proses pengecekan kualitas dilakukan, berikutnya adalah proses menempelkan panel kayu ke rangka kaso. Disebut menempelkan, karena memang di langkah ini kita menggunakan lem PPVC untuk merekatkan kedua permukaan kayu. Tidak seperti paku/baut, pemakaian lem lebih dipilih karena tak mengganggu tampilan permukaan luar panel kayu akibat adanya besi paku/baut yang tampak. Oleskanlah lem kayu tersebut pada permukaan rangka dan permukaan balik panel yang akan bertemu rangka. Tunggu beberapa saat agar lem agak mengering, kemudian tempelkan panel kayu ke rangka kaso. Ulangi langkah ini sampai bidang dinding yang diinginkan tertutup panel kayu seluruhnya.
  6. Sebenarnya, fungsi utama pemakaian panel kayu ini adalah sebagai aksesoris interior untuk memperindah tampilan dinding dengan nuansa alami. Jadi, sangat rugi bila anda menggantungkan suatu hiasan di dinding panel kayu ini. Namun bila anda tetap memaksakan diri untuk menghiasinya, pemasangan panel kayu harus diperkuat lagi memakai paku/sekrup. Aplikasikanlah paku/sekrup ini cukup pada sudut panel kayu paling atas sebagai penopangnya agar tidak mudah terlihat.
  7. Sebagai langkah terakhir adalah memberikan finishing berupa pelitur melamin. Selain akan meningkatkan pesona panel kayu dengan kilauannya, finishing juga berguna sebagai pelindung panel agar tidak mudah terkena noda dan rusak.