Perawatan
Nov13

Ini 5 Cara Mencegah Atap Rumah dari Bocor

Mencegah atap rumah dari bocor bisa dilakukan sejak pendirian bangunan tersebut. Setiap unsur kontruksi bagian atas bangunan memiliki andil besar terhadap kemungkinan kebocoran yang bakal terjadi. Oleh karena itu, semua kontruksinya harus dipastikan terpasang dengan benar tanpa adanya celah yang masih tertinggal.

cara-mencegah-atap-bocor.jpg

Berikut ini langkah-langkah mencegah kebocoran pada atap rumah :

1. Pastikan Sudut Kemiringan Atap Tepat

Semakin miring suatu atap, semakin minim juga risiko atap tersebut mengalami kebocoran. Namun atap yang terlalu curam juga kurang baik karena membahayakan penghuni rumah dan lingkungan sekitar. Idealnya, kemiringan atap yang paling tepat adalah antara 30° sampai 40°. Dalam beberapa kasus, atap sengaja dibuat landai untuk menampilkan kesan modern, namun tetap dengan memperhatikan faktor keamanannya.

2. Pilih Material Atap Berkualitas

Seperti yang pernah kami bahas di sini, saat ini ada banyak sekali ragam material atap yang bisa anda gunakan untuk kontruksi atap rumah. Sebagai contoh genteng tanah liat, atap PVC, metal, dan bitumen. Dalam memilih mana atap yang terbaik untuk rumah anda, anda perlu menyesuaikannya terhadap intensitas dan curah hujan di daerah tempat tinggal. Pilihlah bahan atap yang tahan cuaca, tahan terhadap angin, dan tidak gampang retak. Atap berkualitas juga harus mudah dipasang tanpa meninggalkan celah sama sekali.

3. Berikan Cat Pelapis Anti Bocor (Waterproofing)

Waterproofing juga bisa diandalkan untuk melindungi atap rumah anda dari kebocoran. Lapisan cat ini mampu mencegah air hujan merembes melalui pori-pori atap. Selain pada permukaan atap, aplikasikan juga cat waterproofing ini pada titik-titik sambungan yang biasanya masih meninggalkan lubang kecil.

4. Batasi Penggunaan Talang

Talang eksterior rumah juga rawan sekali mengalami bocor. Biasanya, kebocoran pada bagian talang ini disebabkan oleh pemasangannya yang kurang baik dan kualitasnya yang menurun karena termakan usia. Jadi usahakanlah pembangunan yang anda lakukan pada sistem bagian talang ini dilakukan secara efektif agar bisa dibuat seminim mungkin. Semakin sedikit talang yang digunakan tentu risiko terjadinya kebocoran semakin menurun.

5. Minimalkan Jumlah Sambungan

Setiap sambungan atap yang anda buat berpotensi menyisakan rongga-rongga kecil tak kasat mata yang bisa bertambah melebar. Oleh karena itu, setiap titik sambungan ini harus dicek seksama agar tidak bercelah dan benar-benar rapat. Atap dengan sambungan yang sedikit jelas akan mengurangi potensi kebocoran yang mungkin terjadi.