Perawatan
Jan7

Ini 3 Cara Menghemat Biaya Listrik di Rumah

Pada dasarnya, menghemat biaya listrik sama saja dengan memangkas tagihan listrik yang harus anda bayarkan. Kuncinya terletak pada penggunaan perangkat elektronik secara efektif dan seefisien mungkin. Semakin anda memperhitungkan kebutuhan daya yang diperlukan oleh suatu perangkat elektrik, maka semakin besar pula biaya yang bisa anda hemat.

Tips dari Arafuru berikut ini bisa anda terapkan di rumah :

1. Cabut Kabel Perangkat Elektronik yang Tidak Dipakai

tips-menghemat-biaya-listrik.jpg

Tahukah anda, ketika mematikan suatu perangkat elektronik, perangkat tersebut masih mengonsumsi energi listrik meskipun dalam kondisi tidak menyala. Walaupun pemakaian listriknya terbilang sangat kecil, namun jika ditotalkan dari keseluruhan perangkat di rumah anda, maka listrik yang dikonsumsi saat perangkat off pun termasuk besar. Lebih-lebih jika perangkat tersebut dalam posisi standby, penggunaan energi listriknya bisa semakin meningkat. Sayangnya, hal yang merugikan ini kurang disadari oleh mayoritas pemilik rumah. Padahal jika anda mau mencabut listrik dari stop kontaknya ketika tidak dipakai, hal ini berpengaruh langsung terhadap tagihan listrik yang harus anda bayarkan. Agar tidak repot, disarankan memasang saklar on/off pada setiap kabel perangkat elektronik.

2. Ganti Lampu di Rumah dengan Lampu LED

menghemat-biaya-listrik-lampu-led.jpg

Meskipun harganya lebih mahal, teknologi pada lampu LED telah terbukti mampu menghemat konsumsi energi listrik yang dibutuhkan untuk penerangan rumah secara signifikan. Bayangkan saat anda menggunakan lampu yang sama-sama berdaya 50 watt, lampu LED memerlukan listrik lebih sedikit dibandingkan dengan lampu pendar biasa. Oleh karena itu, jangan sungkan menginvestasikan uang anda untuk lampu LED yang berharga mahal ini. Sebenarnya bila dilihat dalam jangka waktu yang panjang, lampu LED justru berharga lebih murah karena mampu bertahan hidup selama bertahun-tahun dan tidak rentan rusak.

3. Stop Penggunaan Perangkat yang Sebenarnya Tidak Perlu

cara-menghemat-biaya-listrik.jpg

Kebanyakan perangkat elektronik yang sebenarnya tidak begitu penting justru malah menyedot listrik di rumah yang tergolong besar. Sebut saja kulkas, AC, magic jar, dan penghangat air, perangkat-perangkat ini pada dasarnya tidak begitu diperlukan di rumah jika anda mau mengubah pola hidup sehari-hari. Misalnya pada kulkas, anda bisa merubah kebiasaan menumpuk bahan makanan dengan berbelanja di pasar dan mengolahnya langsung. Selain cita rasanya lebih lezat, makanan segar juga memiliki kandungan gizi yang masih utuh. Begitupun dengan AC, anda bisa membuat lingkungan rumah lebih sejuk dengan menanam beberapa pepohonan di halaman rumah.

Yuk, dari sekarang, jangan terlalu menggantungkan kehidupan kita pada perangkat listrik. 🙂