Perawatan
Nov22

Ide Mendekorasi Rumah yang Aman bagi Orang Tua

Ingin mendekorasi rumah yang aman bagi orang tua anda? Tinggal bersama orang tua memang sangat menyenangkan. Kita bisa membagi kebahagiaan keluarga dengan orang tua tercinta. Namun, apakah anda sudah yakin kondisi rumah anda aman bagi mereka?

Faktanya, meskipun rumah terlihat begitu indah dan terasa nyaman, masih ada berbagai aspek yang dapat membahayakan atau mengurangi kenyamanan orang tua anda. Berikut ini aspek-aspek tersebut beserta solusi untuk memastikannya tetap aman :

Warna

rumah-aman-bagi-orang-tua.jpg

Seperti kita ketahui, setiap warna memiliki kecenderungan tertentu terhadap cahaya yang mengenainya. Warna yang terang akan memantulkan cahaya, sedangkan warna gelap justru menyerap cahaya. Agar rumah tetap nyaman bagi lansia, gunakanlah warna terang sebagai warna dominasi sehingga mudah dilihat. Selain itu, pilihlah warna berjenis bold ketimbang pastel agar tampak lebih jelas. Anda juga bisa memanfaatkan warna-warna ini sebagai penanda sudut-sudut berbahaya di sekitar rumah.

Pencahayaan

tips-rumah-aman-bagi-orang-tua.jpg

Pencahayaan yang tepat sangat membantu para lansia beraktifitas di rumah dengan aman. Pada siang hari, maksimalkan lah sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dengan cara membuat jendela yang lebih lebar. Sinar matahari pagi juga terasa hangat di kulit dan membuat rumah lebih nyaman. Sedangkan pada malam harinya, anda bisa menghadirkan lampu dengan tingkat cahaya sesuai kebutuhan, tidak terlalu terang dan redup. Anda bisa mencari tahu berbagai jenis lampu di sini.

Pegangan Tangan

cara-rumah-aman-bagi-orang-tua.jpg

Untuk memastikan orang tua anda tetap aman di seluruh rumah, sediakan lah pegangan tangan (handle) pada dinding-dinding yang strategis. Adanya handle ini akan memudahkan mereka dalam berdiri, berjalan, dan menjaga keseimbangannya. Beberapa tempat yang wajib dipasangi pegangan tangan antara lain tangga dan kamar mandi.

Anti-Selip

karpet-aman-bagi-orang-tua.jpg

Beberapa aksesoris rumah yang ditujukan untuk memperindah suasana ruangan terkadang justru membahayakan para lansia. Salah satunya adalah karpet, di mana jika tidak berhati-hati melangkah di atasnya kemungkinan besar akan terpeleset. Perhatikan pula aspek keamanan di area kamar mandi. Jangan pernah ragu untuk menambahkan karpet anti-selip dan pegangan tangan di ruangan ini.

Perangkat Elektronik

perangkat-elektronik-aman.jpg

Di balik manfaatnya, perangkat-perangkat elektronik rumah tangga juga menyimpan potensi bahaya yang cukup besar. Sebut saja bahaya tersengat listrik maupun terkena panas yang ditimbulkan oleh mesin perangkat tersebut. Untuk mengantisipasinya, pastikan perangkat yang anda gunakan memiliki sistem keamanan terjamin dan kabel penghubungnya selalu dalam kondisi bagus. Jika memungkinkan, anda bisa menyediakan alarm/sistem komunikasi khusu sehingga orang tua anda bisa menghubungi anda dengan segera jika memerlukan sesuatu.