Perawatan
May23

Hasil Pengujian Cara Membasmi Kecoa yang Efektif

Anda merasa kesulitan dalam membasmi kecoa di rumah? Ingin mencoba cara alami, namun tidak percaya akan keampuhannya? Bagaimanapun anda menjaga kebersihan rumah, terkadang masih ada kecoa yang betah di dalamnya. Sementara itu, penggunaan obat pembasmi serangga hanya mampu melindungi rumah untuk waktu beberapa saat saja.

Nah, berikut ini beberapa metode yang biasa dicoba untuk mengusir kecoa serta hasil pembuktiannya :

1. Kopi

Banyak orang yang mengatakan kopi bisa membasmi kecoa karena bersifat asam sehingga akan menjadi racun bagi kecoa yang notabene adalah serangga kecil. Alasan lainnya adalah kopi sangat mudah ditemukan di dapur, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini kan?

Kami pun mulai bereksperimen dengan menaruh serbuk kopi di kamar mandi, di mana kamar mandi biasanya menjadi tempat favorit kecoa untuk mendapatkan sisa-sisa makanan. Pada saat pengujian kami menaruh dua sendok kopi sehingga membuat kamar mandi dipenuhi oleh aroma kopi, seperti di cafe.

Setelah menunggu beberapa hari, ternyata tidak ada satupun kecoa yang memakan serbuk kopi tadi dan mati. Namun, semenjak kamar mandi berbau kopi yang sangat kuat, sejak saat itulah tidak nampak lagi satupun kecoa di sini. Jadi kesimpulannya kopi bisa menjadi pengusir kecoa alami karena aromanya yang kuat.

cara-membasmi-kecoa.jpg

2. Daun Salam

Banyak orang yang percaya bahwa daun salam bisa digunakan sebagai pembasmi alami. Untuk membuktikannya, kami pun mengambil beberapa lembar daun salam yang masih segar kemudian mengirisnya tipis-tipis agar air sarinya keluar. Irisan daun salam ini lantas kami letakkan di piring kecil kemudian menaruhnya di salah satu sudut dapur.

Setelah beberapa hari berlalu, ternyata kecoa berani mendekati daun salam bahkan terlihat santai ketika berada di atasnya. Hal ini menandakan bahwa penggunaan daun salam terbukti tidak manjur.

3. Air Sabun

Ada yang menyebutkan bahwa air sabun bisa digunakan sebagai pengganti obat serangga. Oleh karenanya, kami pun langsung mengujicoba cara ini dengan mencampur dua sendok sabun cuci piring dengan satu gelas air bersih. Terakhir, kami memasukkan cairan air sabun ini ke dalam botol spray.

Saat melihat kecoa, langsung saja cairan ini disemprotkan berkali-kali ke tubuh kecoa. Namun hasilnya sungguh mengecewakan, karena kecoa tidak menjadi lemah atau bahkan mati. Jadi, cara ini tidak bekerja.

4. Air Jeruk Nipis

Ada teman kami yang menyebutkan jika mengepel lantai dengan air jeruk nipis bisa menghindarkan lantai dari kecoa. Alasannya simpel, karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang katanya dibenci oleh kecoa.

Setelah kami coba di lantai ruang tamu, ternyata hal ini tidak berefek apapun. Kecuali aroma di ruang tamu menjadi lebih segar karena air jeruk nipis tadi.

5. Campuran Boraks dan Gula

Seperti kita ketahui, boraks bersifat racun dan mampu membunuh siapapun yang memakannya. Untuk membuat kecoa tertarik, kami mencampur serbuk boraks ini bersama dengan gula. Lantas, menaruhnya di sudut yang strategis di mana kecoa bisa dengan mudah menyentuhnya.

Setelah melakukan pengamatan beberapa hari, ternyata kecoa yang memakan campuran ini hampir bisa dipastikan akan mati. Jadi boraks dan gula terbukti efektif untuk membasmi kecoa di rumah anda.

6. Larutan Pelembut Kain

Terinspirasi oleh metode air sabun, kami pun tidak sengaja mencampur pelembut kain dengan sedikit air. Setelah itu memasukkannya ke dalam botol spray.

Ketika kami melihat kecoa, sontak saja larutan pelembut ini pun langsung disemprotkan ke arah kecoa. Ternyata, kecoa menjadi lemas setelah terkena pelembut ini. Sehingga anda pun lebih mudah menangkapnya. Kesimpulannya, cara ini hanya mampu membuat kecoa menjadi lemas selama beberapa saat, sehingga harus anda tangkap sebelum kecoa tersebut bugar kembali.