Perawatan
Jul31

Gini Nih, Tips Merawat Lantai Bambu Itu

tips-merawat-lantai-bambu.jpg

Salah satu alternatif pilihan jenis lantai yang lebih ramah lingkungan adalah bambu. Dikatakan demikian karena bambu memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat daripada kayu. Sehingga penebangan dan penanaman kembali bambu di lingkungan alaminya pun menjadi lebih seimbang.

Siapa sangka bambu yang dilihat dari luar ini rapuh, ternyata memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih besar daripada kayu. Kualitas bambu mampu bertahan hingga lebih dari 6 tahun saat dijadikan sebagai lantai interior. Bambu juga kurang disukai rayap, sehingga Anda tidak perlu khawatir lantai yang indah harus rusak gara-gara serangan serangga yang satu ini.

Adapun kelebihan-kelebihan dari lantai bambu antara lain :

  1. Memiliki motif dan corak yang indah
  2. Memiliki pilihan warna yang lebih banyak
  3. Memiliki pilihan ketebalan lantai yang bisa disesuaikan
  4. Bertekstur khas dan unik
  5. Lebih murah daripada lantai kayu dan keramik
  6. Tahan terhadap rayap

Bentuk perawatan lantai dari bambu mirip dengan kayu yang pernah diulas di sini. Keduanya nyaris tidak ada perbedaan dalam hal tata cara perawatannya. Nah, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya :

Perawatan Harian

Pastikan lantai bambu tampak sempurna melengkapi kecantikan interior rumah dengan merawatnya/membersihkannya secara rutin. Adapun caranya cukup disapu dengan sapu berbahan nylon. Nylon dipilih karena dikenal memiliki serat yang lebih halus daripada ijuk. Sehingga seratnya tidak akan menggores permukaan lantai.

Perawatan Berkala

Bentuk perawatan ini dilakukan setiap sebulan sekali. Pastikan Anda mengepel lantai sebulan sekali untuk membersihkannya secara lebih maksimal tanpa membuat warnanya pudar. Sedangkan untuk perawatan setahun sekali yaitu mengikis permukaan teratas lantai sehingga lapisan di bawahnya yang lebih bagus bisa muncul.

Hal-hal yang diperbolehkan

Pertama, membersihkan lantai dengan sapu. Kedua, membersihkan lantai dengan mesin penyedot debu. Ketiga, mengelap lantai dengan kain bersih dan kering. Keempat, menyikat sudut lantai dengan sikat gigi. Kelima, membersihkan lantai dengan bantuan minyak kayu putih. Keenam, membersihkan lantai dengan bantuan sari buah lemon. Ketujuh, menggeser furnitur dengan mengangkatnya.

Hal-hal yang Dilarang

Pertama, hindari mengepel lantai dengan air secara rutin. Kedua, hindari membersihkan lantai dengan sapu berserat kasar. Ketiga, dilarang memakai sepatu hak tinggi di atas lantai. Keempat, dalam menggeser furnitur jangan menarik/mendorong di atas lantai. Kelima, jangan menggunakan cairan pembersih lantai saat hendak membersihkannya. Keenam, hindari membiarkan lantai tergenang air. Ketujuh, jangan pernah membiarkan lantai terkena sinar matahari langsung.