Perawatan
Oct7

Gini Nih, Caranya Memasang Lantai Kayu Parket!

Bagaimana cara memasang lantai kayu yang benar? Dari tahun ke tahun, popularitas lantai kayu di Indonesia semakin meningkat. Hal ini berkat pesonanya yang begitu indah, apalagi saat diaplikasikan pada rumah-rumah di daerah perkotaan. Niscaya desain interior rumah akan terlihat lebih modern dan lebih alami.

cara-memasang-lantai-kayu.jpg

Jika anda tertarik menghias lantai rumah anda dengan lantai kayu, di bawah ini panduan pemasangannya :

Alat dan Bahan :

  • Lantai kayu parket
  • Lem kayu
  • Semen
  • Pasir
  • Mesin amplas kayu
  • Rol/kuas/spray
  • Bahan finishing (Melamine/Poly Urithane)
  • Langkah-langkah :

    1. Tahap Pembuatan Lantai Landasan

    Lantai kayu dipasang dengan merekatkannya ke suatu bidang landasan dengan bantuan lem. Bidang landasan inilah yang selanjutnya akan menopang posisi lantai sehingga pemasangannya menjadi lebih mudah. Jadi, rata tidaknya permukaan lantai kayu di rumah anda dipengaruhi langsung oleh kualitas pembuatan bidang landasan ini.

    Bahan landasan lantai kayu umumnya menggunakan adonan semen dan pasir yang menutupi seluruh area ruangan. Selanjutnya, lantai diberikan acian semen agar permukaannnya menjadi halus. Setelah selesai, biarkan lantai semen ini selama 3-5 hari agar kandungan air di dalamnya keluar.

    2. Tahap Pemasangan Lantai Kayu

    Sebelum proses pemasangan lantai kayu dilakukan, pastikan kondisi permukaan lantai landasan telah kering. Landasan yang masih basah, tentu bisa merusak lantai kayu dan memperlemah daya rekat lem yang digunakan.

    Selanjutnya, oleskan lem di balik permukaan lantai kayu secara merata. Tunggu kira-kira 5-10 menit agar lem sedikit mengeras. Lalu tempelkan potongan lantai ini di atas bidang landasan. Tekan-tekan sedikit agar lantai merekat kuat. Lakukan secara bertahap ke seluruh ruangan.

    3. Tahap Pengamplasan

    Setelah semua potongan lantai kayu terpasang rapi, berikutnya adalah mengamplas lantai agar permukaannya lebih halus. Hati-hati saat melakukan langkah ini karena anda berhadapan langsung dengan mesin yang sangat tajam. Mintalah bantuan kepada ahlinya bila diperlukan.

    4. Tahap Finishing Lantai

    Tahap finishing dilakukan agar keindahan lantai kayu bisa lebih keluar. Proses finishing bisa menggunakan bahan Melamine atau Poly Urethane dengan menggunakan bantuan rol, kuas, atau spray. Kami lebih merekomendasikan penggunaan bahan Poly Urethane dengan alat spray karena dapat menghasilkan lantai kayu yang terlihat lebih bagus.

    Sebagai catatan, proses finishing hanya dilakukan jika lantai parket yang anda beli belum di-finishing dari pabrik. Meskipun lebih merepotkan, namun lantai yang harus di-finishing di akhir ini memiliki tampilan yang lebih bagus.