Perawatan
Sep29

Gampang Sekali, Cara Hilangkan Lumut di Paving Block

cara-menghilangkan-lumut-di-paving-block.jpg

Kesulitan dalam menghilangkan lumut di paving block rumah anda? Paving block (conblok) bisa diibaratkan sebagai lantainya eksterior. Daya tahannya terhadap matahari dan hujan yang tinggi membuat material ini banyak digunakan sebagai pelengkap taman rumah. Akan tetapi, paving juga tidak luput dari serangan lumut. Bahkan, paving yang sering tergenang air dan tidak mendapatkan sinar matahari langsung memungkinkan lumut bisa tumbuh subur di permukaannya.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Arafuru punya solusinya :

Alat dan Bahan :

  • Sabun deterjen
  • Air panas
  • Kapur bangunan
  • Semen
  • Sikat kasar
  • Gunting tanaman
  • Mesin las (bisa diganti korek api dan potongan kain)

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan memangkas pepohonan yang menghalangi paving block dari terpaan sinar matahari. Anda bisa menggunakan gunting tanaman untuk memotong ranting-ranting pohon ini. Sedangkan rumput yang tumbuh di sela-sela paving bisa dibasmi dengan cara memberantasnya menggunakan mesin las. Perlu diketahui, api sangat ampuh dalam mematikan benih-benih rumput.
  2. Selanjutnya, bersihkanlah permukaan paving yang terkena lumut dengan menyikatnya secara kasar. Pakailah deterjen yang bersifat keras agar mampu menghilangkan lumut tadi.
  3. Kemudian, siramlah paving dengan air panas. Hal ini berguna untuk mematikan benih lumut yang mungkin masih tertanam di dalam paving.
  4. Berikutnya, taburkan kapur bangunan ke seluruh permukaan paving. Jangan lupa menumbuknya dulu supaya serbuk kapur ini bisa masuk ke celah-celah paving.
  5. Sebagai langkah terakhir, taburkan bubuk semen di atas paving. Biarkan semen-semen ini mengeras dan menyatu dengan pori-pori paving.