Perawatan
Dec20

Gampang Kok! Nih, Cara Membersihkan Keset Rumah

Membersihkan keset rumah harus dilakukan sesering mungkin mengingat fungsi keset ini adalah sebagai penyeka kaki. Dengan memastikan keset selalu dalam kondisi bersih, berarti anda telah menghancurkan salah satu sarang kuman di rumah sekaligus melindungi keluarga dari dampak negatifnya. Lantas, bagaimanakah cara yang benar dalam membersihkan alas kaki tersebut?

Keset Dapur dan Kamar Mandi

keset-dapur-kamar-mandi.jpg

Mula-mula, kita awali dulu dengan membersihkan keset yang ada di dapur dan kamar mandi. Pada umumnya, keset yang digunakan untuk kedua ruangan ini dilapisi dengan karet di bagian bawahnya. Oleh karena itu, ada keset yang bisa dibersihkan di mesin cuci, ada pula yang harus menggunakan cara manual.

Coba periksa label yang dilampirkan di produk keset milik anda. Apakah petunjuknya memperbolehkan anda membersihkannya di mesin cuci? Jika iya, anda bisa memasukkan keset tersebut ke dalam mesin. Tambahkan deterjen yang bersifat lembut secukupnya, lalu nyalakan mesin cuci. Setelah proses pencucian selesai, kemudian dilanjutkan dengan proses pengeringan memakai metode tumble dry untuk membunuh semua kuman dan bakteri di permukaan keset.

Sementara itu, jika anda harus mencuci keset tersebut secara manual, langkah-lankahnya sebenarnya mirip saat anda mencuci karpet. Hanya saja, deterjen yang digunakan sebaiknya tidak terlalu keras agar tidak merusak serat keset. Selain itu, gunakan juga sikat berbulu halus untuk merontokkan kotoran-kotoran yang membandel.

Keset Teras

keset-teras.jpg

Sudah menjadi pemandangan akrab jika teras selalu dihiasi dengan karpet di dekat pintu masuknya. Selain mampu memperindah suasana, fungsi keset di sini yang utama adalah menahan kotoran dan menjaga agar debu tidak masuk ke rumah. Maka tak heran bila kondisi keset di teras ini cepat sekali kotor.

Karena biasanya keset ini sudah dipenuhi dengan kotoran, maka sebaiknya anda membersihkan keset tersebut di halaman rumah. Pertama-tama, siapkanlah deterjen cair dan masukkan ke dalam botol spray. Berikutnya, semprotkan cairan sabun ini ke permukaan keset secara merata. Setelah itu, sikatlah permukaan keset menggunakan sikat berbulu halus. Berfokuslah pada noda-noda membandel yang membutuhkan tenaga ekstra untuk menghilangkannya.

Setelah permukaan keset selesai disikat seluruhnya, selanjutnya semprot dengan air bertekanan kuat. Anda bisa menggunakan selang kebun untuk membilas bersih keset ini. Terakhir, jemurlah keset tersebut di bawah terik matahari hingga benar-benar keping untuk mematikan kuman-kumannya sekaligus mencegah tumbuhnya jamur di permukaannya.

Keset Berbahan Serat Tanaman

keset-anyaman-serat-tanaman.jpg

Serat tanaman, sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan baku pembuatan keset. Biasanya, serat yang bisa digunakan untuk keset rumah ini berasal dari batang kelapa, batang enau, dan serat nenas. Proses pembuatannya dilakukan dengan teknik anyaman. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, keset ini juga memiliki pesona yang sangat khas.

Untuk membersihkan keset yang terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan ini, anda perlu berhati-hati. Sebab, umumnya serat tersebut mudah rontok bila terkena air. Jadi, sebisa mungkin hindarilah mencuci keset anyaman jika anda tidak ingin ukurannya menyusun. Proses pembersihan cukup dilakukan dengan mengibas-ngibaskan keset tersebut agar debunya berterbangan. Lakukan secara rutin agar kotoran tidak terlampau banyak.

Khusus bagi anda yang mempunyai vacum cleaner di rumah, anda bisa memakainya untuk mempermudah membersihkan keset anyaman ini. Lakukan pengerjaannya sebagaimana anda menyedot debu dan kotoran seperti biasanya.

Keset Berbahan Wol

Selain keset berbahan serat tanaman, keset yang terbuat dari wol pun memerlukan pembersihan dengan teknik yang khusus. Anda tidak dianjurkkan menggunakan air atau cairan apapun selama proses pembersihan ini.

Siapkanlah bedak anti bakteri, lalu taburkanlah ke permukaan keset secara merata. Biarkan selama 1 sampai 2 jam agar bedak tersebut bekerja mematikan kuman dan bakteri. Selanjutnya, gosok keset tersebut dengan sikat kering secara menyeluruh. Sebagai langkah terakhir, kibas-kibaskan keset supaya bedak dan kotorannya berjatuhan.