Perawatan
Dec10

Gampang! Cara Memperbaiki Plafon Gypsum yang Berlubang

Susah memperbaiki plafon gypsum yang berlubang? Di balik pesonanya, plafon rumah yang terbuat dari bahan gypsum rawan berlubang. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena tetesan air hujan, kotoran hewan, sampai gigitan tikus. Jika dibiarkan, lubang yang awal mulanya berukuran kecil ini bisa semakin bertambah lebar.

cara-memperbaiki-plafon-gypsum-berlubang.jpg

Di bawah ini langkah-langkah menambal lubang pada plafon gypsum ala Arafuru :

Alat dan Bahan :

  • Papan gypsum
  • Kompon perekat
  • Kompon pelapis
  • Selotip kertas
  • Penggaris
  • Pensil
  • Cutter
  • Gergaji kecil
  • Kape

Langkah-langkah :

  1. Gunakanlah pensil dan penggaris untuk membuat pola potongan berbentuk persegi mengelilingi lubang yang terdapat pada plafon rumah. Usahakan luas pola yang dibuat lebih besar 3 – 5 cm dari luas lubang agar nantinya bisa tertutup dengan rapi.
  2. Selanjutnya, buatlah suatu torehan memakai cutter untuk lubang masuknya gergaji. Kemudian, potonglah bidang plafon yang bocor sesuai pola yang telah dibuat pada langkah pertama tadi menggunakan gergaji. Jangan lupa, rapikanlah kembali sekeliling sudut lubang plafon yang terbentuk memakai cutter agar hasil tambalannya nanti bisa tampak lebih rapi.
  3. Setelah itu, siapkanlah papan gypsum yang masih baru. Lalu, buatlah pola persegi dengan ukuran sama seperti lubang persegi yang terbentuk di plafon.
  4. Buatlah juga pola untuk rangka tambahan sebagai penyangga gypsum penambal. Adapun ukuran rangka tambahan ini yaitu panjang rangka 10 cm lebih panjang dari gypsum penambal. Sedangkan lebarnya adalah sepertiga dari lebar gypsum penambal. Buatlah rangka tambahan ini sebanyak dua buah.
  5. Setelah gypsum dan rangka tambahannya selesai dibuat, selanjutnya adalah memasang rangka tambahan terlebih dahulu ke plafon. Untuk melakukannya, oleskanlah kompon perekat pada kedua ujung panjang rangka tambahan. Kemudian, segeralah tempelkan rangka tambahan ini ke bagian atas lubang plafon gypsum. Jadi, posisi kompon perekat menghadap ke bawah dan nantinya akan menempel pada bagian atas/bagian dalam plafon rumah. Ulangi sekali lagi untuk rangka tambahan yang satunya. Tunggu beberapa saat agar kompon mengering dan rangka terpasang erat.
  6. Langkah berikutnya adalah memasang potongan papan gypsum yang digunakan untuk menambal lubang. Sama seperti sebelumnya, olesi salah satu sisi plafon dengan kompon perekat, termasuk bagian pinggirannya agar menempel ke pinggiran plafon di sekelilingnya. Selanjutnya, tempelkanlah gypsum penambal ini pada rangka tambahan tadi. Atur-atur sedikit posisinya supaya terlihat lebih rapi.
  7. Agar tekstur sambungan menjadi tersamarkan, anda bisa melapisi permukaan sambungan tersebut menggunakan kompon pelapis. Sebelumnya, encerkanlah kompon pelapis ini dengan air secukupnya, lalu gunakan kape untuk mengaplikasikan kompon pelapis ini pada keempat sisi sambungan gypsum penambal. Selanjutnya, tutup keempat garis sambungan ini memakai selotip kertas, tekan-tekan dengan kape agar selotip merekat sempurna.
  8. Langkah berikutnya adalah memastikan agar bekas sambungan benar-benar tidak terlihat dari luar. Caranya, aplikasikanlah kompon pelapis sebanyak dua kali pada plafon tambalan tadi. Lalu, tunggu hingga kompon ini mengering. Setelah itu, anda bisa mengecat plafon kembali sesuai warna yang diinginkan. Untuk inspirasi warna cat plafon yang keren dan mengagumkan, bisa dilihat di sini.

Selamat mencoba! 🙂