Empat Tips Membersihkan Lantai Teraso

Apakah Anda sudah mencoba membersihkan lantai teraso tetapi susah? Salah satu material lantai yang masih sering ditemui di rumah-rumah di Indonesia ialah lantai teraso. Lantai ini pada dasarnya merupakan lantai buatan yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Lapisan glatsir yang diletakkan di bagian atas lantai ini membuat permukaannya tampak mengkilap.

Lantai teraso sangat bagus digunakan untuk menciptakan desain rumah yang bergaya klasik, rustic, tradisional, dan vintage. Semakin berkilau permukaan lantai ini, maka semakin indah pula pesona yang ditampilkannya. Namun sayangnya lantai teraso susah dirawat. Lantai ini mudah sekali menyerap kotoran karena memiliki pori-pori yang berukuran cukup besar.

tips-membersihkan-lantai-teraso.jpg

Perawatan lantai teraso yang kurang tepat juga malah akan mempercepat kerusakan pada lantai ini. Warna lantai menjadi pudar dan lama-kelamaan strukturnya pun mengalami keretakan. Meskipun harga lantai teraso terbilang murah dan proses pemasangannya pun mudah, tetapi cukup sulit menemukan lantai yang memiliki warna sepadan. Hasilnya jika Anda mengganti sebagian dari lantai di suatu ruangan yang rusak akibatnya warna lantai akan terlihat belang-belang.

Sensitif Terhadap Asam

Perlu diketahui, lantai teraso memiliki karakteristik yang sangat sensitif terhadap zat asam. Apabila terkena cairan asam dan tidak segera diseka, maka warna di permukaan lantai tersebut akan langsung memudar. Hal ini disebabkan oleh zat pewarna yang ditambahkan di permukaan lantai teraso memang rentan terhadap cairan yang mempunyai pH rendah. Jadi mulai saat ini hindari membersihkan lantai di rumah Anda menggunakan cuka, sitrun, belimbing wuluh, atau jeruk nipis. Anda bisa mengepel permukaan lantai teraso memakai cairan pembersih khusus serta deterjen pakaian.

Poles Secara Berkala

Seiring dengan berjalannya waktu, lantai teraso yang telah berumur lama akan menjadi kusam akibat noda membandel yang menyelimuti permukaannya. Lantai pun dipenuhi oleh banyak baret atau goresan di berbagai sudut ruangan. Anda tidak bisa mengembalikan pesonanya hanya dengan mengepel lantai tersebut. Upaya pemolesan terbukti secara cepat mampu mengembalikan kilauan yang terdapat di permukaan lantai teraso. Anda dapat menggunakan bahan pemoles yang dilapisi dengan kristal dan wax agar lantai terlihat lebih mengkilap.

Coba Mengampelas Lantai

Percayakah Anda kalau lantai teraso pun dapat diampelas untuk mengembalikan kilauannya? Namun proses pengampelasan di sini tidak seperti yang biasa dilakukan pada kayu. Teknik mengampelas lantai (scrubbing) bisa dikerjakan memakai mesin polisher khusus serta bahan chemical dan floor cleaner. Kami akan mengulas seputar teknik ini secara lengkap di artikel berikutnya.

Gunakan Ampas Kelapa

Sama seperti lantai semen, lantai teraso juga dapat dibersihkan menggunakan ampas kelapa. Kandungan minyak nabati di dalam ampas kelapa terbukti secara efektif mampu mengangkat kotoran yang menempel di pori-pori lantai teraso. Minyak tersebut pun sanggup mengembalikan kilauan di permukaan lantai teraso dengan cepat. Mulailah dengan mengepel lantai terlebih dahulu untuk membersihkan permukaannya. Setelah kering, Anda bisa mengepel lantai tersebut sekali lagi memakai ampas kelapa.