Perawatan
Dec28

Catat, 5 Hal Penting dalam Memilih Cat Dinding!

Saat memilih cat dinding, terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan selain aspek warna. Beberapa di antaranya mencakup kualitas cat, keramahan terhadap lingkungan, serta daya tahan cat saat menempel di permukaan dinding. Dengan memakai cat yang bagus, artinya pesona dinding rumah anda mampu keluar lebih maksimal dan bertahan lama.

memilih-cat-dinding-berkualitas.jpg

Berikut ini lima hal yang harus anda perhatikan :

1. Pilih Cat dengan Pigmen Warna yang Bagus

Perlu anda ketahui, zat penyusun cat yang berfungsi mengikat warna adalah pigmen. Kualitas pigmen sangat berpengaruh terhadap daya tahan suatu cat. Dengan kata lain, memilih cat yang memiliki pigmen berkualitas tinggi memungkinkan warna yang dimilikinya dapat bertahan dalam waktu cukup lama. Hal ini juga tidak terlepas dari kandungan zat tambahan yang membantu mempertahankan warna cat tersebut.

2. Warna dan Daya Rekat Cat

Setidaknya, suatu cat bisa dikatakan bagus apabila daya rekat dan ketahanan warnanya bisa mencapai lima tahun. Salah satunya, anda bisa mengetahui hal ini dari pengencer yang dibutuhkan cat. Biasanya, semakin tinggi kualitas cat maka pengencer yang dibutuhkan semakin banyak karena teksturnya yang kental. Selain dari pengencer, anda juga bisa mengecek hal ini melalui daya sebar cat. Cat berkualitas tinggi ditandai dari kemampuan setiap sapuan cat dalam menutup permukaan yang lebih luas.

3. Cat Tidak Mengandung Unsur-unsur Beracun

Memang benar semua produk cat dibuat dari bahan-bahan kimia. Namun sifat racun yang kami maksud di sini adalah efek yang bisa menyebar melalui perantara udara. Misalnya ketika anda sedang asyik mengoleskan cat dinding, tercium bau yang sangat menyengat serta membuat anda pusing dan mual. Itu tandanya, cat tersebut beracun dan sebaiknya tidak digunakan. Gantilah cat dengan yang baru dan lebih aman. Begitupun ketika cat selesai diaplikasikan, jauhkan diri anda dari ruangan tersebut. Biarkan interior tetap terbuka agar udara di dalamnya mengalir lancar. Idealnya, ruangan yang baru saja dicat boleh dihuni kembali minimal setelah menunggu 6 jam kemudian.

4. Gunakan Merk Cat yang Konstan

Saat anda ingin mengganti warna cat dinding, sebaiknya pilih cat bermerk sama. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penolakan dinding akibat sifat kimia masing-masing cat yang jauh berbeda. Jika anda memaksakan diri menggunakan cat yang berlainan, biasanya cat dinding akan menggelembung dan cepat mengelupas.

5. Bersihkan Dinding Secara Berkala

Meskipun produk cat yang anda gunakan memiliki kualitas tinggi, bukan berarti dinding tidak membutuhkan perawatan. Tetap saat, dinding tersebut bisa kotor terkena debu dan cipratan air hujan. Maka solusinya, bersihkanlah dinding rumah anda secara berkala. Gunakan bantuan spons dan deterjen untuk menghilangkan noda-noda yang menempel di permukaan dinding ini.