Perawatan
Jan8

Cara Tepat Mengatasi Retak Rambut pada Tembok

Bingung mengatasi retak rambut pada tembok rumah anda? Ada banyak faktor yang memicu terjadinya celah retak rambut pada suatu dinding rumah. Selain karena anda lupa membasahi tembok yang telah berplester sebelum diaci, bisa jadi keretakan ini disebabkan oleh pemakaian produk cat dinding yang kurang berkualitas.

cara-mengatasi-retak-rambut-pada-tembok.jpg

Tenang, kami akan memberikan solusinya untuk anda.

Alat dan Bahan :

  • Sekrap
  • Ampelas
  • Kain Lap
  • Kuas
  • Wall Sealer
  • Plamir
  • Cat Tembok

Langkah-langkah :

  1. Cek kembali keretakan pada tembok rumah anda apakah memang retak rambut atau bukan. Pada retak rambut, biasanya lebar celah keretakan kurang dari atau sama dengan 1 milimeter. Sedangkan kedalaman keretakan hingga menyentuh lapisan acian tembok.
  2. Jika benar itu retak rambut, kikislah lapisan cat dinding di sekitar tembok yang mengalami keretakan rambut tersebut memakai sekrap sampai terkelupas semua. Setelah itu, gunakan ampelas untuk menghilangkan lapisan plamir hingga benar-benar bersih. Kemudian, lap permukaan dinding yang berdebu ini dengan kain basah.
  3. Sebagai penutup keretakan tembok, kita akan menggunakan wall sealer. Pada umumnya, 1 liter wall sealer dapat digunakan untuk menutupi permukaan tembok seluas 10 sampai 15 meter persegi. Adapun prosedur menerapkan wall sealer ini adalah cukup dengan menguaskannya pada celah tembok yang retak hingga tertutupi sempurna.
  4. Setelah lapisan wall sealer mengering sempurna, anda bisa mewarnai tembok kembali dengan cat yang disukai. Pastikan anda menggunakan cat tembok dengan nilai elastis dan kerapatan besar supaya cat tersebut bisa menempel sempurna pada dinding rumah. Tentunya, sebelum cat ini diterapkan, anda perlu melapisi tembok dengan plamir dulu ya.

Semoga berguna. 🙂