Perawatan
Oct27

Cara Perawatan Mesin Bor yang Benar

Bagaimana cara perawatan mesin bor yang benar? Mesin bor merupakan alat bantu yang sangat penting dalam mendukung kelancaran pekerjaan pelubangan pada permukaan kayu, tembok, besi, dan lain-lain. Berkat alat ini, Anda bisa membuat lubang yang Anda butuhkan sebagai tempat pemasangan suatu benda.

Mesin bor harus dirawat secara berkala agar fungsi dan kegunaannya dapat terjaga dengan baik. Sudah semestinya, mesin bor pun wajib mendapatkan bentuk perawatan yang benar. Tidak hanya dengan mengasah bagian mata bor saja, melainkan merawat mesin tersebut dengan menyeluruh. Dijamin mesin bor yang dirawat akan memiliki usia pakai lebih lama dan awet.

cara-perawatan-mesin-bor.jpg

Apa sajakah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memberikan perawatan terhadap mesin bor?

  1. Bersihkan Setelah Dipakai

Bentuk perawatan dasar dari setiap peralatan tukang adalah membersihkan seluruh body-nya sesaat setelah digunakan. Tidak harus terlalu ribet kok. Anda cukup mengelap semua permukaannya menggunakan kain yang bersih. Dengan senantiasa menjaga kebersihan alat, maka Anda bisa mencegah terjadinya karat/korosi.

  1. Penyimpanan yang Benar

Untuk penyimpanan sehari-hari, Anda boleh membiarkan seluruh aksesori mesin bor tetap terpasang supaya lebih gampang dipakai keesokan harinya. Tetapi jika Anda berniat menyimpan mesin ini dalam waktu yang lama, lebih dari seminggu, sebaiknya lepaskanlah semua aksesori pelengkapnya terlebih dahulu. Perlu diketahui, aksesori mesin bor biasanya bersifat rapuh dan gampang berkarat. Jadi Anda harus menyimpannya secara terpisah dari mesin. Bila perlu, olesi menggunakan minyak/pelumas mesin jahit.

  1. Simpan di Tempat Kering

Musuh utama alat-alat tukang adalah kelembaban udara yang tinggi. Disarankan menyimpan mata bor di ruangan yang memiliki sirkulasi udara lancar, tidak lembab, dan kering. Sebelum memasukkannya ke dalam wadah, pastikan sekali lagi kalau posisi switch tidak sedang tertekan. Gulunglah juga kabel mesin dengan posisi yang rapi agar tidak kusut atau melilit.

  1. Pakai Mesin Bor sesuai Jenisnya

Tahukah Anda, beragam jenis-jenis mesin bor sesuai dengan peruntukannya. Tidak hanya mesin bor tangan saja yang ada di pasaran, tetapi ada pula mesin bor meja, mesin bor radial, mesin bor tegak, dan mesin bor koordinat. Dalam pemakaiannya, masing-masing mesin bor ini harus digunakan sesuai dengan spesifikasinya. Jangan pernah memakai mesin bor khusus besi untuk mengebor permukaan beton karena hasilnya pasti kurang rapi dan mesin pun rawan mengalami kerusakan.

  1. Pasang Aksesori yang Sesuai

Anda juga harus menggunakan aksesori yang sesuai dengan desain mesin bor yang Anda miliki. Jangan pernah memasang alat pelengkap yang tidak tepat. Penggunaan mesin bor yang sesuai namun aksesorinya tidak sesuai justru dapat merusak mesin tersebut. Sebagai contoh, pemakaian mata bor yang sudah tumpul memaksa mesin untuk bekerja keras dan hasil yang diberikannya pun kurang optimal.

  1. Lepaskan Mata Bor dengan Benar

Semua alat pertukangan akan cepat rusak apabila Anda menggunakannya dengan kasar. Misalnya adalah pada saat ingin melepaskan bagian mata bor. Lepaskan mata bor ini menggunakan alat khusus yang memang sudah dirancang untuk membuka mata bor. Jangan pernah mencoba alternatif lain yang berbahaya, seperti memakai palu atau tang.

  1. Serahkan Kepada Ahlinya

Anda bisa memberikan perawatan mesin bor sehari-hari dengan mengaplikasikan semua kiat di atas. Biar kondisi mesin bor semakin mantap, tidak ada salahnya sekali-kali meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli untuk memeriksa kelayakan mesin bor Anda. Istilah kerennya yaitu servis. Mintalah mereka untuk mengecek mesin bor apakah masih layak pakai atau perlu mendapatkan perbaikan di beberapa komponen penyusunnya.