Perawatan
Jul30

Cara Paling Mudah Mengecat Pagar Besi

mengecat-pagar-besi.jpg

Keindahan eksterior rumah tidak akan lengkap tanpa dilindungi oleh pagar. Pagar memang bersifat multifungsi. Selain berguna sebagai pelindung rumah, juga mampu menambah nilai keindahan di bagian luar.

Salah satu contoh bahan pagar yang sering digunakan adalah besi. Bahan besi dinilai lebih kuat dan fleksibel daripada bahan pagar yang lainnya. Selain itu, besi juga tahan lama dan tangguh terhadap serangan terik panas matahari dan curah hujan tinggi.

Untuk mempercantik tampilan pagar besi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, menghadirkan ornamen di sekitar pagar, menambah hiasan, sampai mengecat seluruh permukaannya. Mengecat pagar besi dinilai lebih mudah dan murah daripada bentuk perawatan yang lainnya. Pilihan cat besi yang banyak pun mendukung daya kreasi dan membuat kita lebih pede dalam memilih warna mana yang tepat.

Mengecat bahan besi tidak semudah mengecat kayu maupun tembok. Kesulitan utamanya adalah sering adanya karat pada permukaannya sehingga hasil cat yang didapat pun tidak maksimal. Dalam kasus yang lebih parah, mengecat besi berkarat akan membuat cat yang menempel di permukaan besi mudah mengelupas.

Sebagai bagian terluar rumah, tampilan pagar berpengaruh besar pada tampilan rumah Anda secara keseluruhan. Tidak ingin kan kecantikan rumah berkurang hanya karena pagar yang penuh karat? Jika Anda punya waktu luang, ayo cat pagar besi Anda dengan mengikuti langkah-langkah dari arafuru.com ini :

1. Membersihkan Karat Pada Permukaan Besi

Pertama-tama pastikan seluruh permukaan pagar besi sudah bersih. Hal ini memungkinkan Anda mudah dalam mengecatnya sekaligus bisa memperoleh hasil warna yang memuaskan. Caranya adalah kenakanlah sarung tangan dan masker terlebih dahulu untuk melindungi tubuh Anda. Pakailah bantuan sikat kawat untuk menggosok bagian besi yang berkarat tersebut. Jangan lupa, gunakan bantuak mineral spirits, sejenis thinner, untuk melembabkannya. Ganti kain lap dengan yang bersih apabila dirasa kain lap yang dipakai sudah terlalu kotor.

2. Membersihkan Sisa-sisa Mineral Spirits di Pagar

Setelah Anda selesai melakukan tahap pertama, mineral spirits yang digunakan masih menempel di permukaan pagar. Maka untuk menghilangkannya cukup gunakan air panas yang dicampur sabun. Pertama-tama, masukkan kain lap pada air sabun panas, kemudian gunakan untuk mengelap seluruh permukaan pagar. Selanjutnya, bilas dengan air keran yang mengalir lalu keringkan kembali dengan cara mengelapnya sekali lagi. Biarkan pagar semalaman agar permukaannya benar-benar kering.

3. Mengecat Pagar dengan Cat Besi

Setelah 24 jam dari proses pembersihan terlewati, maka langkah mengecat pagar baru dimulai. Tipsnya adalah gunakan cat primer sebagai lapisan pertama agar warna cat asli bisa lebih keluar. Tunggu cat ini hingga kering. Kemudian proses berlanjut pada pengecatan lapisan kedua dengan memakai cat besi. Agar hasilnya lebih indah, gunakan minimal dua lapisan cat besi. Ingat, setiap ingin mengecat lapisan selanjutnya tunggu sampai cat di lapisan sebelumnya benar-benar kering.

Tags: besi mengecat pagar

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts