Perawatan
Dec21

Cara Paling Mudah Hilangkan Lumut di Tembok!

Lumut di tembok tidak hanya akan mengurangi keindahan rumah, tetapi juga dapat merusak struktur dari tembok tersebut. Seperti kita tahu, lumut merupakan tumbuhan epifit yang senang hidup di lingkungan lembab. Jika lumut ini dibiarkan berkembang biak di tembok, maka tembok pun menjadi gembur dan tidak kokoh.

menghilangkan-lumut-di-tembok.jpg

Untuk memberantas lumut-lumut tersebut, cobalah menggunakan air aki, pemutih pakaian, kaporit, batu bata, serta cuka dan baking soda. Ikuti panduan dari kami berikut ini :

1. Air Aki

Ternyata di balik fungsinya menyimpan energi listrik, aki juga bisa dipakai untuk menghilangkan lumut, terutama air aki. Yap, cairan yang biasa disebut juga dengan istilah air keras ini sangat ampuh dalam merontokkan lumut di dinding. Caranya, siram permukaan tembok yang berlumut memakai air aki, lalu biarkan semalaman. Keesokan harinya, anda akan menemukan lumut-lumut yang mengelupas. Untuk mempercepat prosesnya, gunakanlah sikat berbulu kasar. Hati-hati jangan sampai air aki tersebut mengenai kulit karena bisa menyebabkan kulit melepuh.

2. Pemutih Pakaian

Selain air aki, cairan pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut lho. Hal ini wajar, mengingat pemutih baju juga bersifat keras dan sangat ampuh dalam mematikan bakteri. Mula-mula, campurkan pemutih pakaian dan air bersih dengan perbandingan 1:4. Kemudian aduklah campuran tersebut agar komposisinya merata. Untuk menggunakannya, anda cukup menyiramkan cairan ini ke permukaan tembok yang berlumut. Lalu sikat permukaan tembok tadi sampai bersih. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih ya.

3. Kaporit

Siapa sangka serbuk kimia berwarna putih ini sangat ampuh dalam membersihkan tembok rumah dari lumut? Tak hanya itu, pengaplikasiannya pun mudah dikerjakan. Pertama, taburkan serbuk kaporit ini ke permukaan dinding yang sudah berubah menjadi ladang lumut. Setelah itu, biarkan sekitar 1 sampai 2 jam hingga muncul buih-buih akibat reaksi yang ditimbulkan oleh si kaporit tadi. Langkah terakhir, anda cukup mengguyur dinding tersebut dengan air bersih secukupnya.

4. Bata Merah

Serbuk bata merah dikenal sebagai pembersih gigi tradisional dan efektif melunturkan noda kekuningan yang muncul di permukaan gigi. Dari sinilah ide memanfaatkan batu bata sebagai penghilang lumut itu muncul. Meskipun hasilnya sangat memuaskan, namun cara keempat ini terbilang sedikit merepotkan. Siapkan sebongkah batu bata merah, lalu gosokkan pada permukaan tembok. Lakukan secara berulang-ulang sampai semua lumut di tembok rontok. Untuk melihat hasilnya, siram tembok tersebut dengan air panas.

5. Cuka dan Baking Soda

Siapapun tak mengelak jika cuka dan baking soda merupakan pembersih alami yang dapat diandalkan. Termasuk untuk menghapus lumut-lumut yang tumbuh di tembok rumah anda. Buatlah cairan dari campuran cuka, baking soda, dan air panas. Selanjutnya siramkan cairan ini ke seluruh permukaan dinding secara merata, lalu tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu, anda bisa menyikat tembok tersebut untuk mempercepat perontokan lumut. Sebagai langkah terakhir, siramlah dinding menggunakan air panas yang baru saja mendidih.