Perawatan
Dec25

Cara Paling Efektif Membersihkan Jendela Rumah

Membersihkan jendela rumah harus dilakukan secara berkala agar pesonanya tetap berkilau. Desain jendela yang bersih tentu akan terlihat lebih indah dan menarik daripada jendela yang kotor. Terlebih, fungsi utama jendela sebagai ventilasi udara dan cahaya pun bisa terus dipertahankan apabila kondisinya selalu bersih.

Sayangnya, membersihkan jendela, meskipun terlihat mudah terkadang kita enggan mengerjakannya. Apalagi jika jendela tersebut mudah sekali kotor, setiap kali dibersihkan tak lama langsung kotor lagi. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat untuk membersihkan jendela sekaligus mempertahankan kebersihannya.

cara-membersihkan-jendela-rumah.jpg

Ikuti langkah-langkah dari kami berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Kain lap bersih
  • Squeegee (alat pembersih kaca)
  • Busa/spons
  • Sulak
  • Botol spray
  • Ember
  • Cuka putih
  • Air hangat
  • Tepung jagung

Langkah-langkah :

  1. Buatlah cairan pembersih dari campuran air hangat, cuka putih, dan tepung jagung secukupnya. Kemudian, masukkan sebagian cairan ini ke dalam botol spray dan biarkan sisanya tetap di dalam ember. Cairan yang ada di botol dapat digunakan untuk membersihkan jendela bagian dalam agar interior tidak basah.
  2. Bersihkan seluruh permukaan jendela menggunakan sulak untuk menghilangkan debu-debu yang mengotorinya. Berikanlah perhatian yang lebih pada pinggiran jendela dan kusen karena di sudut-sudut ini biasanya banyak debu yang mengumpul dan menempel sangat kuat.
  3. Sebaiknya, pembersihan jendela dilakukan mulai dari bagian dalamnya terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu semprotkanlah cairan pembersih ke permukaan jendela. Lalu, bersihkan jendela tersebut menggunakan squeegee. Biar hasilnya bersih bersinar, jangan lupa keringkan squeegee dengan kain lap setiap kali digunakan untuk menghapus satu bagian.
  4. Untuk membersihkan jendela bagian luar, anda bisa memakai bantuan spons terlebih dahulu. Mula-mula, celupkanlah spons tersebut ke ember berisi cairan pembersih. Setelah itu, peras sedikit spons agar tidak terlalu berair. Selanjutnya, gosokkan spons ini ke permukaan jendela terutama bagian sudutnya yang menjadi sarang noda membandel. Sama seperti sebelumnya, anda pun perlu memakai squeegee pada tahap terakhir agar jendela kembali jernih.
  5. Kadang-kadang, bagian tepi jendela dan kusen sering menjadi tempat berkumpulnya air bekas pembersihan ini. Jika anda membiarkan kusen tersebut lembab, hal ini bisa menyebabkan kondisinya berjamur. Maka solusinya, jangan lupa menyeka kembali bagian-bagian jendela yang berbahan kayu ini dengan kain lap untuk mengeringkannya.