Cara Merawat Rumah Kosong yang Anda Miliki agar Tetap Bersih

Investasi rumah merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Harga rumah yang terus mengalami peningkatan menjadi alasan utamanya. Bahkan di beberapa wilayah, kenaikan harga rumah ini bisa mencapai 2-3 kali lipat loh. Khususnya di daerah perkotaan yang memang banyak sekali peminatnya, harga rumah di sini bisa menjadi sangat tak masuk akal karena saking mahalnya. Bagi Anda yang mempunyai uang berlebih, sangat disarankan untuk menginvestasikannya pada rumah.

Berikut ini kelebihan-kelebihan investasi rumah, di antaranya :

  1. Harganya terus mengalami peningkatan
  2. Kenaikan harga properti begitu tinggi
  3. Ada peluang mendapat keuntungan tambahan
  4. Rumah dapat disewakan ke orang lain
  5. Bisa dipakai menginap saat di luar daerah

cara-merawat-rumah-kosong.jpg

Namun menjadi suatu problematika tersendiri ketika Anda sudah mempunyai beberapa rumah sebagai investasi, terutama mengenai perawatannya. Anda tentu tidak bisa menghuni semua rumah tersebut. Beberapa rumah pun lantas dibiarkan dalam keadaan yang kosong. Walau begitu, bagaimana pun rumah tersebut tetap perlu dirawat, kan? Inilah yang menjadi kendala utama dalam berinvestasi rumah yaitu sulitnya merawat semua rumah yang kita miliki apalagi kalau jarak setiap rumahnya cukup jauh.

Merawat rumah yang menjadi aset investasi kita memang mutlak dilakukan agar nilainya tidak turun. Asalkan Anda mau sedikit repot, Anda bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki ketika akhir pekan untuk merawat dan memelihara rumah tersebut.

Bersihkan Seluruh Bagian Rumah

Membersihkan rumah yang ditinggal kosong dapat dilakukan minimal setiap 1 bulan sekali. Kami yakin saat Anda datang pertama kali, kondisi rumah tersebut sudah sangat kotor. Ada banyak sekali tumpukan debu yang terkumpul di berbagai tempat. Di sudut-sudut ruangan juga dipenuhi oleh sarang laba-laba. Anda harus membersihkan semua kekacauan ini terlebih dahulu. Bersihkan ruangan tersebut memakai sapu atau vacuum cleaner kalau mau lebih efisien. Gunakan pula sapu plafon untuk membuang sarang laba-laba.

Jangan Lupa Bersihkan Dindingnya

Bagian yang paling rawan mengalami kerusakan pada rumah kosong yaitu dinding. Pada bagian ini, ada banyak sekali kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi. Dari mulai warna cat dinding yang memudar, permukaannya kotor, timbulnya lumut dan jamur, dinding mengalami keretakan, lapisan acian/plester yang mengelupas, hingga dinding yang bisa rubuh sewaktu-waktu. Maka Anda pun perlu merawatnya dengan baik. Anda bisa memulainya dengan membersihkan permukaan dinding tersebut.

Pastikan Genteng Tidak Bocor

Anda harus menyadari bahwa intensitas hujan di Indonesia sangat tinggi. Bahkan saat musim penghujan berlangsung, hujan bisa turun hampir setiap hari. Jangan biarkan rumah Anda kebanjiran akibat genteng yang bocor sedangkan Anda sendiri tidak mengetahuinya. Dampaknya bisa sangat parah loh. Tak hanya perabotan yang bisa cepat rusak, tetapi air hujan ini juga mampu menjebol plafon dan dinding, serta merusak lantai. Sehingga Anda perlu memastikan tidak ada titik kebocoran pada genteng.

merawat-rumah-kosong.jpg

Segera Perbaiki Kerusakannya

Anda tidak berada di dalam rumah ini setiap hari. Jadi mumpung Anda sedang berada di sini, segeralah melakukan upaya perbaikan ketika Anda menemukan adanya kerusakan yang menimpa salah satu dari bagian rumah tersebut. Jangan menunda untuk memperbaiki pada keesokan harinya. Sebab kerusakan sekecil apapun dapat menimbulkan masalah yang serius. Jika Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri, Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan yang berada di sekitar lingkungan rumah tersebut.

Tutupi Semua Furniture yang Ada

Walaupun rumah Anda dalam kondisi kosong tanpa penghuni, tetapi partikel-partikel debu tetap dapat memasukinya lewat lubang-lubang ventilasi. Dalam kurun waktu yang cukup lama, partikel-partikel ini akan membentuk tumpukan debu yang nampak kotor sekali. Kalau tumpukan debu ini berada di atas permukaan lantai, maka Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Namun berbeda ceritanya kalau tumpukan debu tersebut mengotori furniture sampai ke bagian sela-selanya. Daripada repot sendiri, mending tutup saja semua furniture memakai kain atau terpal agar terbebas dari debu.

tips-merawat-rumah-kosong.jpg

Rapikan Tanaman di Taman Rumah

Rumah memang akan terlihat lebih indah dan terkesan ramah apabila terdapat tumbuh-tumbuhan di bagian depannya. Akan tetapi, Anda harus ingan bahwa tanaman juga termasuk makhluk hidup yang akan terus mengalami pertumbuhan. Saat ditinggal oleh Anda dalam waktu yang cukup lama, bukan tak mungkin tanaman tersebut sudah menjadi besar sekali sehingga merusak keindahan rumah, bahkan membuat rumah nampak angker dan menyeramkan. Jangan lupa merapikan tumbuh-tumbuhan di taman agar tetap terlihat menarik.

Pakai Lampu Penerang Otomatis

Rumah investasi sangat disarankan memakai lampu penerang otomatis sehingga lampu-lampu yang ada bisa menyala dan padam sendiri. Selain dapat menghemat biaya listriknya, rumah pun dapat terhindar dari risiko pembobolan oleh maling karena mengira ada orang di dalamnya. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis lampu otomatis. Untuk lampu bagian depan dan belakang, gunakan lampu otomatis yang bekerja berdasarkan intensitas cahaya yang mengenainya. Lampu ini akan menyala saat gelap, lalu mati sendiri setelah kondisi cukup terang. Sedangkan untuk lampu interior, pakailah sakelar timer yang bisa menyalakan dan memadamkan lampu pada waktu-waktu tertentu saja.