Perawatan
Jul30

Cara Merawat Perabotan Dapur dari Kayu Sampai Besi

tips-merawat-perabotan-dapur.jpg

Apakah Anda punya hobi memasak? Bagaimana rasanya memasak di dapur yang dipenuhi oleh perabotan kotor? Tentunya sangat tidak menyenangkan kan? Lebih-lebih jika kita sedang terburu-buru harus menggunakan suatu alat, sementara alat itu masih dipenuhi oleh sisa-sisa olahan makanan di waktu sebelumnya.

Kebersihan dapur memang nomor satu. Dapur yang bersih memastikan makanan yang diolah di sana tetap higenis dan mendukung kesehatan keluarga. Suasana di lingkungan bersih pun terasa lebih menyenangkan dan membuat proses masak menjadi lebih enjoy.

Karena sering digunakan untuk memasak segala bahan makanan, dapur mudah kotor. Terutama untuk perabotan yang sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan olahan makanan yang akan dimasak.

Setidaknya ada tiga bahan material yang biasa digunakan pada peralatan dapur, yaitu plastik, kayu, dan besi. Karena memiliki tekstur dan daya serap yang berbeda-beda, maka berbeda pula cara merawat ketiga bahan perabotan dapur ini.

Nah, berikut ini petunjuk lengkap tata cara merawat dan membersihkan perabotan dapur dari arafuru.com :

1. Merawat Perabotan Dapur dari Kayu

Perabotan kayu biasanya berupa sendok sup, alat untuk menumis, sutil, dan sebagainya. Sebagaimana sifat dapur yang mudah lembab, maka perabotan-perabotan ini rentan terkena jamur. Oleh karena itu, jika Anda telah selesai menggunakan perabotan ini, bersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas di bawah air mengalir. Kemudian mengangin-anginkannya sampai kering baru Anda boleh menyimpannya. Dengan begini, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin.

2. Merawat Perabotan Dapur dari Plastik

Kebanyakan masalah yang terjadi pada perabotan plastik adalah permukaannya mudah sekali berminyak. Pembersihannya pun harus dilakukan dengan teliti agar hasil yang didapat benar-benar bersih. Biasakan mencuci peralatan plastik dengan air hangat yang ditambah sabun cuci piring, lalu keringkan. Coba cium sekali lagi. Apabila masih tercium aroma lemak, Anda bisa menyegarkannya dengan bantuan jeruk nipis. Ingat, karena sifat plastik yang mudah terurai oleh panas, Anda sebaiknya tidak menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru dimasak.

3. Merawat Perabotan Dapur dari Besi

Besi juga menjadi bahan favorit untuk membuat perabotan dapur. Wajan, panci, dan penggorengan adalah contoh-contohnya. Karena digunakan untuk memasak dan bersentuhan langsung dengan api, maka bahan besi ini akan berwarna hitam di bagian dasarnya. Untuk membersihkannya Anda bisa memakai jeruk nipis, nanas, atau larutan soda sebagai pelengkap sabun cuci piring. Untuk cara yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan pembersih cuci piring yang terbuat dari serat alumunium. Pembersih ini sangat ampuh menghilangkan warna hitam di wajan. Cuma efek buruknya, ketebalan permukaan wajan menjadi berkurang karena sering dikikis oleh pembersih alumunium.