Perawatan
Aug16

Cara Merawat Lemari Olimpik dari Particle Board

Bagaimana cara merawat lemari olimpik? Salah satu brand ternama untuk produk furniture dari bahan particle board ialah Olympic. Oleh karena itu, kebanyakan masyarakat umum lebih mengenal sebutan lemari olimpik daripada lemari particle board. Papan partikel sebenarnya terbuat dari serbuk/gergajian kayu yang dicampur dengan lem khusus, lalu dipadatkan menggunakan mesin pencetak hingga bentuknya menyerupai kayu utuh (solid wood).

Bahan particle board mempunyai beberapa kelebihan daripada kayu utuh. Di antaranya yaitu bobotnya lebih ringan, lebih gampang dibentuk, lebih mudah digergaji, serta densitasnya rendah. Selain itu, harga produk dari particle board biasanya dibanderol lebih murah. Meski pada awalnya produk papan partikel hanya bertujuan untuk mendaur ulang kayu bekas atau kayu sisa pakai, tetapi karena marketnya sangat besar, pada akhirnya lahir industri sendiri.

cara-merawat-lemari-olimpik.jpg

Anda juga mungkin salah seorang peminat produk olahan dari particle board ini? Anda sebaiknya memberikan perawatan terhadap produk dengan benar. Hal ini dikarenakan lemari papan partikel ini kualitasnya tidak setangguh lemari kayu. Musuh utamanya adalah air, di mana air bisa menyebabkan timbulnya jamur pada lemari hingga kerusakan pada strukturnya. Namun jika dirawat dengan baik, lemari ini sanggup bertahan sampai bertahun-tahun.

Lakukan kiat-kiat perawatan di bawah ini terhadap semua lemari olimpik di rumah Anda!

  1. Lemari yang terbuat dari particle board paling anti dengan air. Jangankan genangan air, ruangan yang kondisinya terlalu lembab saja akan membuat lemari ini cepat rusak. Jadi letakkan lemari di tempat yang sejuk, sirkulasi udaranya lancar, dan jauh dari air. Jangan pernah pula menaruh gelas, cangkir, atau botol di atasnya karena bisa saja air tumpah secara tidak sengaja. Kalau lemari ketumpahan air harus lekas dijemur untuk mencegah terurainya jalinan partikel kayu.
  2. Kalau mau memindahkan lemari papan partikel, Anda harus meminta bantuan orang lain. Jangan pernah melakukannya sendiri sebab bobotnya akan bertumpu pada salah satu sisi. Angkatlah lemari dari bagian paling bawahnya. Kalau misal ada kaki lemarinya, pegangilah kaki-kaki tersebut lalu angkat ke atas sambil digeser. Hindari mengangkat lemari particle board dengan bertumpu pada bagian paling atas atau dindingnya sebab berisiko terlepas.
  3. Kebanyakan lemari particle board dirancang menggunakan sistem knock-down. Artinya Anda harus merakit panel-panel papan partikel tersebut kemudian menyusunnya menjadi satu kesatuan lemari yang utuh. Biasanya digunakan paku atau sekrup sebagai penahan ikatan panel particle board ini. Jika ada salah satu bagian dari lemari yang sudah jebol, Anda tinggal melepas bagian panel yang rusak tersebut dan menggantinya dengan panel baru.
  4. Lemari yang berbahan particle board wajib ditempatkan di ruangan yang memiliki permukaan rata. Hindari meletakkan lemari tersebut di lantai yang miring sebab dapat mempercepat kerusakannya. Ini dikarenakan lemari partikel yang ditaruh di lantai miring lama-kelamaan mengakibatkan sambungannya longgar karena beban yang ditanggungnya tidak sama rata sehingga strukturnya mudah goyang. Kalau sudah begini, tinggal menunggu hari saja lemari tersebut pasti bakal rusak.
  5. Anak-anak biasanya sering iseng mengelupas lapisan luar yang menutupi particle board. Lapisan ini sendiri merupakan melamin yang berfungsi untuk melindungi serbuk-serbuk kayu penyusun papan partikel. Apabila Anda melihat buah hati Anda mengelupas lapisan tersebut, segeralah beri peringatan dan pengertian yang jelas. Papan partikel yang sudah tidak ditutupi lapisan melamin gampang menyerap uap air sehingga cepat jebol.
  6. Dilarang keras membersihkan lemari particle board menggunakan air atau kain lap basah. Jika ada jamur yang tumbuh di salah satu bagian lemari, jangan pernah mengelapnya dengan air. Anda bisa memakai kain lap yang kering serta minyak sayur atau minyak pelumas. Kalau mau hasilnya lebih maksimal, gunakan furniture polish yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat. Dijamin deh jamur akan langsung lenyap sampai ke akarnya.
  7. Lemari partikel harus dirawat sebaik mungkin. Lemari perlu dibersihkan secara berkala agar permukaannya bebas dari debu dan kotoran. Bagi Anda yang sedang marah, jangan jadikan lemari partikel sebagai pelampiasan dengan memukulnya sebab bisa langsung roboh. Hati-hati saat menaruh sesuai di atas papan partikel serta usahakan tidak membantingnya.