Perawatan
Aug20

Cara Merawat Akuarium Ikan Hias

cara-merawat-akuarium.jpg

Ingin memelihara ikan tapi bingung bagaimana cara merawat akuarium yang benar? Tidak perlu khawatir lagi, karena kali ini arafuru.com akan berbagi tips perawatannya secara detail dan mudah dipahami.

Punya hobi memelihara ikan hias memang mengasyikan. Terutama karena manfaatnya yang berguna untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan setelah bekerja seharian. Di sini, anda bebas menikmati gerak-gerik ikan hias yang begitu anggun berenang ke sana kemari atau sekumpulan ikan-ikan kecil yang bergerak cepat dan ceria.

Salah satu media alternatif untuk memelihara ikan di rumah adalah akuarium. Akuarium memerlukan perawatan yang rutin agar ikan yang dipelihara bisa tumbuh secara normal. Jangan sampai anda menyesal melihat ikan-ikan tersebut mati akibat kekeliruan saat merawatnya.

Setidaknya ada tiga bentuk perawatan akuarium secara umum, yaitu perawatan harian, mingguan, dan bulanan. Ketiga jenis bentuk perawatan ini akan kami uraikan secara lengkap di bawah ini :

Perawatan Harian

Perawatan harian pada akuarium berupa perlakuan seperti apa yang perlu anda berikan pada ikan peliharaan. Pemberian pakan cukup dilakukan sehari dua kali, pagi dan sore. Tujuannya agar ikan-ikan tersebut tumbuh secara normal, tidak kegemukan, dan sisa-sisa pakan tidak mengotori akuarium. Bahkan untuk jenis ikan mas koki, pemberian pakan cukup sehari sekali agar ikan tersebut bisa bergerak bebas/tidak kelebihan berat badan.

Perawatan Mingguan

Bentuk perawatan mingguan berupa pengecekan kondisi sistem dan peralatan yang digunakan di lingkungan akuarium. Pastikan semua alat, termasuk filtrasi dan pembuat gelembung, berfungsi baik. Apabila air di akuarium sudah terlihat kotor, anda bisa mengganti cukup seperempatnya saja dari total keseluruhan. Penggantiannya pun dilakukan dengan mengikuti prosedur-prosedur yang tepat.

Perawatan Bulanan

Perawanan bulanan berguna untuk membersihkan seisi akuarium sehingga tercipta ekosistem yang sehat. Untuk cara membersihkan akuarium sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya. Usahakan ikan tetap merasa nyaman sebelum, selama, dan sesudah proses pembersihan. Sebaiknya peralatan yang digunakan terbuat dari bahan-bahan alami yang aman.