Perawatan
Jun9

Cara Merawat AC agar Tetap Dingin

Bagaimana cara merawat AC agar tetap dingin? AC (Air Conditioner) adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk mengatur kelembaban udara di dalam ruangan. Sehingga interior yang dipasangi AC di dalamnya akan memiliki udara dengan kelembaban yang sesuai keinginan dan terasa lebih sejuk.

Sama seperti alat-alat elektrik yang lain, AC juga membutuhkan perawatan secara berkala. AC yang tidak dirawat dengan benar permukaannya akan dipenuhi oleh debu dan kotoran. Akibatnya AC pun tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga ruangan menjadi tidak dingin lagi. Jika hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin AC bakal mengalami kerusakan.

cara-merawat-ac.jpg

Asal Anda mau, tidak terlalu sulit kok dalam merawat AC. Berikut ini panduan selengkapnya dari Arafuru :

  1. Tahukah Anda, perangkat AC tidak akan pernah kekurangan freon kecuali ada bagian yang mengalami kebocoran. Jadi bila teknisi Anda langsung mengatakan bahwa AC kekurangan freon, jangan lekas percaya dengan ucapannya. Mintalah dia untuk mencari tahu di mana titik kebocorannya terlebih dahulu. Pengisian freon yang benar juga membutuhkan waktu sedikitnya 6 jam.
  2. Setiap 3 bulan sekali AC wajib di-service dan dicuci. Coba bayangkan kipas angin yang tidak selalu menyala saja baling-balingnya mudah kotor, bagaimana pula dengan AC yang setiap saat aktif? Ingat setiap AC terdiri atas dua unit yaitu indoor dan oudoor. Pembersihannya pun harus dilakukan menyeluruh, tidak boleh salah satu saja.
  3. Filter AC juga harus dibersihkan secara rutin setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali tergantung intensitas pemakaiannya. Letak filter ini berada di dalam unit indoor. Cara mengeluarkannya cukup ditarik saja bagian body indoor yang ada engselnya. Pencucian filter AC bisa Anda lakukan sendiri, sedangkan pencucian keseluruhan AC harus dilakukan oleh teknisi yang ahli.
  4. Kalau Anda tinggal di daerah yang mana sumber listriknya sering mengalami pemadaman, kami mempunyai trik agar kondisi AC tetap terjaga. Pada saat listrik PLN mati, segeralah cabut kabel power dari stop kontak. Kemudian colokkan lagi kabel tersebut bila listrik sudah menyala kembali sekitar 3-5 menit sehingga tegangan listriknya sudah kembali stabil.
  5. Ada dua model AC yang dijual di pasaran yakni AC biasa dan AC inverter. Meskipun harganya lebih mahal, biaya listrik AC inverter lebih hemat tetapi perawatannya juga lbih rumit. AC inverter harus dialiri arus listrik dengan tegangan tidak kurang dari 210 volt. Sangat disarankan untuk melengkapi perangkat AC inverter Anda dengan stabilizer.
  6. Pilih AC sesuai dengan daya di rumah dan ukuran ruangan pemasangannya. AC 1/2 pk biasanya memerlukan daya 400 watt dan cocok dipasang di ruangan yang berukuran 3 x 4 x 3 m. AC 1 pk membutuhkan daya 850 watt, bagus untuk ruangan seluas 4 x 5 x 3 m. So, kalau rumah Anda berdaya listrik 900 watt, jangan pernah sekali-kali membeli AC 1 pk ya.
  7. Pemasangan AC yang baik adalah unit outdoor terletak di bawah unit indoor. Setiap kali proses pendinginan oli kompresor berlangsung, ada yang ikut terbawa bersama dengan freon. Dengan memasang unit oudoor lebih rendah daripada unit indoor manfaatnya oli yang terbaw oleh freon tadi mudah kembali lagi ke kompresor dan tidak terjebak di dalam evaporator.
  8. Ukuran pipa saluran udara yang melengkapi AC yang dianjurkan ialah 5 m dan maksimalnya 10 m. Apabila Anda memasanga pipa sepanjang lebih dari 10 m, AC seakan dipaksa untuk bekerja keras sehingga hasil pendinginannya kurang maksimal serta perangkat tersebut pun gampang rusak. Sebaliknya ukuran pipa minimal adalah 3 m. Jika unit indoor dan outdoor terletak hanya dibatasi tembok, Anda bisa meminta teknisi untuk membentuk pipa tersebut menjadi lingkaran sehingga jaraknya nanti akan lebih panjang.
  9. Produk AC terbaru dan seterusnya dilengkapi dengan refriferant atau freon jenis R32 karena diklaim tidak merusak lapisan ozon. Ada pula perangkat yang menggunakan R410 dan R404. Sementara AC model lama umumnya masih memakai freon jenis R22. Jadi usahakan beli AC yang memakai R32 sehingga produk isi ulangnya mudah didapatkan setidaknya untuk 10 tahun ke depan.
  10. Lengkapi AC R32 Anda dengan pipa yang berkualitas bagus sebab tekanan yang dimiliki oleh AC ini lebih tinggi daripada AC R22. Jika tidak, cepat atau lambat perangkat tersebut akan mengalami kebocoran. Setelah terpasang, AC R32 juga perlu di-vacuum bukan hanya di-pump down karena ini memengaruhi garansi. Tujuan dilakukannya proses vakum adalah membuang udara yang terjebak di dalam sistem pendinginan.