Perawatan
Nov16

Cara Merapikan Garasi agar Tak Menjadi Gudang Berantakan

Bagaimana cara merapikan garasi agar tak menjadi gudang berantakan? Di samping berguna sebagai tempat menyimpan mobil dan sepeda motor, garasi rumah juga sering dialihfungsikan menjadi gudang tambahan. Maklum saja, bidang kosong yang ada di sekeliling ruangan ini tampak sayang jika dibiarkan menganggur begitu saja. Namun wajib hukumnya bagi anda untuk tetap menjaga interior ini selalu dalam keadaan rapi agar kendaraan tetap leluasa keluar masuk di ruangan ini.

cara-merapikan-garasi-rumah.jpg

Masalah muncul ketika barang simpanan semakin bertambah banyak, sementara fungsi utama garasi harus tetap dinomorsatukan. Nah, biar interior garasi di rumah anda tetap terlihat menarik dan terasa lapang, berikut ini panduan menatanya :

1. Keluarkan Semua Benda dari Garasi

Seperti saat merapikan ruangan lainnya, anda perlu mengosongkan garasi terlebih dahulu supaya lebih mudah dalam menatanya. Garasi yang kosong tak ubahnya seperti kanvas. Hal ini memungkinkan imajinasi kita bisa bergerak lebih atraktif dalam memainkan dekorasi yang hendak direncanakan nantinya.

2. Bersihkan Seluruh Sudut Ruangan

Banyaknya celah kecil diantara tumpukan barang, ditambah dengan kotoran yang setiap hari dibawa oleh kendaraan menyebabkan kotoran-kotoran tersebut lambat laun semakin menggunung. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan kotoran-kotoran tersebut sampai tuntas agar tidak menjadi sarangnya kuman. Jika diperlukan, gunakan cairan pembersih kimia yang bersifat keras agar ruangan kembali steril. Hal ini penting dilakukan mengingat pembersihan garasi secara menyeluruh ini sangat jarang dilakukan sehingga sudah pasti banyak bakteri yang bersarang di dalamnya.

3. Pilih Barang yang Layak Disimpan

Memang tidak salah jika anda menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Tetapi jika barang tersebut memang tidak diperlukan lagi oleh anda sekeluarga, akan lebih baik bila anda memberikannya kepada orang lain. Begitu juga dengan benda-benda yang sudah rusak dan tak mungkin bisa diperbaiki lagi, sebaiknya anda lekas membuangnya daripada menyimpan sampah di dalam garasi.

4. Kelompokkan Barang Sesuai Fungsinya

Setelah anda memastikan barang yang akan disimpan kembali tersebut masih layak digunakan, kumpulkanlah benda-benda ini berdasarkan fungsinya. Pada umumnya, barang-barang yang disimpan di garasi rumah antara lain peralatan montir, alat-alat tukang, dan aksesoris pelengkap kendaraan. Cobalah pisahkan masing-masing benda tersebut menjadi beberapa kelompok. Dengan model penyimpanan seperti ini, selain benda lebih mudah ditemukan, tatanan di garasi pun semakin bertambah apik. Jangan lupa juga untuk membiasakan diri mengembalikan benda ke tempat asalnya setelah digunakan.

5. Rancanglah Layout Garasi

Rancangan layout (tata letak) ruangan yang tepat akan memudahkan anda dalam mengatur interior garasi selanjutnya. Usahakan layout yang dibuat memungkinkan benda-benda tersimpan rapi, mendukung pergerakan anda di dalam garasi, serta tentu saja memudahkan anda dalam memasukkan dan mengeluarkan kendaraan.

6. Maksimalkan Area Vertikal

Pemanfaatan area vertikal, baik itu dinding dan langit-langit, akan menghemat tempat sehingga interior garasi terkesan lapang. Jika saat ini anda menambahkan lemari perkakas ke dalam garasi, lebih baik gantilah lemari tersebut dengan rak dinding. Keberadaan rak dinding ini tidak memakan banyak ruang karena area yang dimakan adalah bidang vertikal. Selain itu, dengan posisi rak yang berada di atas dan terbuka menjadikan barang-barang yang disimpan lebih rapi dan tetap aman.