Cara Menutup Lubang Bekas Paku Pada Kayu

Bagaimana cara menutup lubang bekas paku pada kayu? Kayu mempunyai penggemar yang begitu banyak. Hal ini tidak terlepas dari pesonanya yang tak pernah pudar. Kayu dapat dihadirkan di dalam desain yang bergaya apapun. Desain minimalis, modern, klasik, atau tradisional cocok menggunakan kayu sebagai material utamanya. Semakin tua usia kayu, maka kualitasnya pun akan semakin tinggi pula.

Kayu tua biasanya telah dipasangi paku yang menancap di mana-mana oleh pemilik lamanya. Sebagai pemilik baru, Anda pun kadang-kadang merasa tidak sependapat dengan posisi paku tersebut. Lantas Anda berusaha melepaskan paku tersebut dari kayu menggunakan tang atau linggis. Setelah berhasil melepaskan paku, kini timbul masalah baru yaitu adanya lubang bekas paku pada kayu yang justru merusak penampilannya.

menutup-lubang-bekas-paku.jpg

Keberadaan lubang ini tentu membuat Anda merasa jengkel sendiri. Pasalnya pesona kayu bisa menurun drastis hanya dikarenakan oleh lubang tadi. Menambalnya dengan dempul terkadang tidak menyelesaikan masalah sebab kayu yang mempunyai banyak dempulan terkesan kurang rapi. Begitu pula jika Anda mencoba menutupinya menggunakan cat kayu, lubang tersebut masih dapat terlihat jelas bila diperhatikan dari jarak yang cukup dekat.

Kami mempunyai trik yang jitu untuk menutupi lubang bekas paku yang terdapat pada kayu agar hasilnya sempurna seperti baru!

Alat dan Bahan :

  • Kape
  • Pensil
  • Pahat
  • Palu
  • Kayu
  • Lem kayu
  • Ampelas
  • Cat

Langkah-langkah :

  1. Kikislah lapisan cat atau pelitur yang sudah terlanjur menutupi kayu hingga mencapai bagian serat-serat kayu.
  2. Buatlah tanda menggunakan pensil tepat di lubang bekas paku tadi. Kalau bisa tanda yang dibuat berbentuk oval menyerupai mata kayu.
  3. Pahatlah kayu tersebut persis di bagian yang ditandai sampai kedalamannya mencapai kurang lebih 5 mm.
  4. Siapkan potongan kayu. Buatlah potongan kayu ini membentuk oval yang ukurannya sama persis dengan pahatan.
  5. Cobalah pasang potongan kayu tadi di pahatan untuk memastikan bahwa bentuk dan ukurannya sudah pas.
  6. Oleskan lem kayu di permukaan pahatan serta bagian belakang potongan kayu. Pasang potongan kayu ini di lubang pahatan.
  7. Biarkan lem kayu mengering dalam waktu 3-4 jam. Kemudian lakukan pengampelasan untuk meratakan permukaan kayu tambalan agar sama rata.
  8. Kini lubang bekas paku pun sudah tertambal sempurna. Anda bisa menyamarkan tambalan tersebut dengan melakukan pengecatan ulang.

Selamat mencoba!