Perawatan
Jun26

Cara Mengusir Ngengat di Lemari Pakaian

Bagaimana caranya mengusir ngengat di lemari pakaian? Ngengat (Heterocera) adalah serangga yang termasuk dalam ordo Lepidoptera. Ini berarti ngengat masih berkerabat dekat dengan kupu-kupu. Kebanyakan ngengat aktif di malam hari untuk mencari makanan berupa nektar bunga.

Kendati memiliki bentuk yang lucu, ngengat tergolong serangga yang menyebalkan karena sering membuat sarangnya di dalam lemari pakaian. Sudah barang tentu, lemari yang dipenuhi oleh ngengat di dalamnya akan kelihatan kotor bin jorok. Belum lagi kotoran ngengat yang juga bisa menimbulkan noda membandel pada pakaian Anda.

cara-mengusir-ngengat.jpg

Tidak ada gunanya punya pakaian yang wangi, tetapi banyak noda membandel yang menghiasinya. Satu-satunya solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu mengusir ngengat tersebut secepat mungkin. Namun bagaimana caranya ya? Simak tips-tips dari kami berikut ini!

  1. Bersihkan Lemari secara Rutin

Minimal setiap seminggu sekali, Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan lemari pakaian. Lakukan proses pembersihan secara total agar tidak ada telur ngengat yang masih tersimpan. Keluarkan isi lemari pakaian terlebih dahulu, barulah kemudian bersihkan debu dan kotoran di dalamnya menggunakan vacuum cleaner. Berikan perhatian yang lebih pada bagian sudut-sudut lemari.

  1. Manfaatkan Bahan-bahan Alami

Ada begitu banyak bahan alami yang terbukti ampuh mengusir ngengat dari dalam lemari pakaian Anda. Kabar baiknya bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di dapur. Di antaranya yakni merica, cengkih, jeruk lemon, gingseng, daun mint, kayu putih, dan bunga lavender. Masukkan bahan-bahan tadi ke dalam kantong kain, lalu taruh kantong ini ke dalam lemari. Jika Anda kesulitan dalam menemukan bahan-bahan di atas, bisa kok menggantinya dengan minyak esensial tetapi harus rajin diganti ya.

  1. Cuci Pakaian yang Terserang

Pakaian-pakaian yang sudah dikotori oleh ngengat sebaiknya dicuci sampai tuntas biar telur-telur ngengat yang menempel di permukaannya juga ikut menghilang. Caranya rendamlah pakaian tadi di dalam air panas yang sudah bercampur dengan deterjen secukupnya selama 1-2 jam. Kemudian sikat permukaan pakaian tersebut hingga bersih dan tidak ada kotoran yang melekat. Lalu jemur di bawah terik matahari langsung. Setelah mengering sempurna, pakaian wajib digosok memakai setrika untuk membuatnya lebih higienis sekaligus rapi.

  1. Bungkus Pakaian dengan Plastik

Untuk mencegah kejadian serupa kembali menimpa Anda, dianjurkan untuk membungkus pakaian-pakaian yang Anda miliki menggunakan plastik kedap udara. Ngengat cenderung suka menempel di permukaan kain, terutama yang terbuat dari serat hewan seperti sutera, wol, dan kulit. Dengan membungkus pakaian memakai plastik, maka habitat ideal bagi ngengat untuk hidup dan berkembang biak pun tidak ada lagi di dalam lemari.

  1. Biasakan Menutup Pintu Lemari

Pada umumnya, ngengat bisa masuk ke dalam lemari melalui pintu yang sedang terbuka. Setelah ada di dalamnya, mereka akan segera bersembunyi di balik tumpukan baju sehingga Anda pun tidak menyadarinya. Kadang-kadang lubang yang terdapat pada lemari pun menjadi akses masuk serangga kecil bersayap ini. Jadi biasakanlah menutup pintu lemari dengan segera sesaat setelah Anda mengambil pakaian yang diinginkan. Kalau pun ada lubang yang terdapat di salah satu sudut lemari tersebut, penting bagi Anda untuk lekas menutupnya.