Cara Mengubah Kamar yang Lembab Menjadi Kering

Bagaimana cara mengubah kamar yang lembab menjadi kering? Gampang banget kok ternyata! Tips ini tentunya sengaja kami peruntukan buat Anda yang sedang kesal dengan suasana kamarnya yang begitu lembab. Kelembaban udara yang terlalu tinggi merupakan salah satu indikator sebuah kamar tidur yang tidak sehat. Selain dapat mendatangkan berbagai penyakit ke tubuh kita, furniture pun gampang rusak dimakan jamur.

Anda bisa mengetahui apakah tingkat kelembaban di dalam kamar tidur normal atau terlalu tinggi menggunakan hygrometer. Parameter sebuah ruangan yang memiliki kelembaban pas berada di kisaran 60-70 persen. Apabila setelah diukur memakai hygrometer ternyata kelembaban di kamar Anda lebih dari 70 persen artinya kamar tersebut terlalu lembab. Penyebab utamanya yaitu banyaknya uap air yang terkandung di udara.

mengubah-kamar-tidur-lembab.jpg

Sirkulasi udara memegang peranan penting dalam menentukan kondisi suatu ruangan. Udara yang terlalu lama terjebak di ruangan karena sirkulasinya tidak lancar mengakibatkan peningkatan kandungan uap air di dalamnya. Atap yang bocor atau dinding rembes juga dapat menaikkan kelembaban udara di dalam kamar. Faktor lainnya adalah pemilik kamar yang malas membersihkan ruangan sehingga dipenuhi sampah.

Kamar yang lembab harus diatasi sesegera mungkin sebab dapat menimbulkan kerugian seperti :

  1. Suasana di dalam kamar terlalu dingin sehingga mengganggu kesehatan.
  2. Mempercepat kerusakan pada furniture kayu, apalagi lemari particle board.
  3. Uap air dapat merusak kertas surat penting, foto, dan lukisan.
  4. Perangkat elektronik bisa mengalami korsleting.
  5. Dinding ruangan tampak belang-belang dan berjamur.

Bagi Anda yang saat ini kamarnya terlalu lembab, Anda bisa mengatasi dengan solusi-solusi di bawah ini!

Solusi I. Pasang Ventilasi Udara

Anda harus menyediakan ventilasi sebagai tempat keluar masuknya udara. Anda bisa menghadirkan tempat aliran udara ini berupa loster atau jendela. Jika keduanya tidak memungkinkan untuk dibangun, ventilasi juga bisa dibangun di bagian atas kamar dengan memanfaatkan ketinggian atap. Kalau misalnya sudah ada ventilasi di kamar Anda tetapi ruangan masih terlalu lembab, penyebabnya antara lain jumlah ventilasi udara tersebut kurang banyak, ukurannya kekecilan, atau posisinya yang kurang tepat.

Solusi II. Perbaiki Sumber Kebocoran

Kamar tidur yang lembab bisa dikarenakan adanya bagian atap yang bocor sehingga air hujan masuk ke ruangan. Kemungkinan lainnya yaitu air tanah yang merembes naik ke atas melalui pori-pori dinding. Oleh karena itu, kebocoran pada genteng tersebut harus lekas diperbaiki supaya kamar Anda aman dari air hujan. Setelah itu, perbaiki pula rembesan yang terjadi pada dinding dengan melapisinya memakai waterproof.

Solusi III. Gunakan Alat Bantu

Di era modern seperti sekarang sudah banyak ditemukan perangkat elektronik yang sangat canggih. Salah satunya ialah alat yang dapat melancarkan aliran udara di dalam rumah. Contohnya seperti kipas angin, exhaust fan, dan dehumidifier. Ketiga alat elektrik ini dengan sekejap akan mengubah kamar Anda yang lembab menjadi kering. Kalau mau yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan kapur penyerap uap air untuk mengurangi kelembaban udara.