Perawatan
Feb17

Cara Mengkilapkan Lantai Marmer yang Kusam

Apakah Anda menggunakan marmer sebagai bahan penutup lantai ruangan? Bosan melihat tampilan permukaan lantai yang kusam dan tidak sesuai dengan harapan Anda? Ingin tahu bagaimana caranya mengkilapkan lantai marmer agar permukaannya berkilau? Cobain panduan selengkapnya berikut ini!

Seperti kita tahu, marmer merupakan material yang memiliki kualitas tinggi dan harganya pun mahal. Tidak heran, hanya rumah-rumah mewah saja yang berani menggunakan bahan ini sebagai penutup lantainya. Apakah rumah Anda juga termasuk di antaranya?

cara-mengkilapkan-lantai-marmer.jpg

Tahukah Anda, batu marmer terbentuk dari batu kapur yang mengalami proses kristalisasi selama bertahun-tahun. Corak yang terdapat di batu ini terbentuk secara alami dari kotoran-kotoran yang menumpuk di permukaannya selama proses pengkristalan berlangsung.

Pada awalnya, batu marmer mempunyai permukaan yang kusam karena karakteristiknya yang dapat menyerap air. Namun dengan menerapkan teknik pemolesan tertentu, lama-kelamaan batu marmer bisa tampak mengkilat dan indah sekali. Penasaran dengan metodenya? Simak panduan dari Arafuru sebagai berikut!

Alat dan Bahan :

  • Kuas
  • Vacuum cleaner
  • Coating : akemi atau cnol
  • Resin
  • Pewarna sesuai warna marmer
  • Mesin pemoles
  • Pel lantai
  • Mesin diamond disc
  • Air
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Gunakan kuas untuk membersihkan lantai marmer khususnya pada bagian nat dari tumpukan debu dan kotoran. Kemudian sedot kotoran-kotoran tersebut memakai vacuum cleaner.
  2. Aplikasikan coating pada permukaan nat secara menyeluruh. Hal ini berguna untuk melindungi nat sehingga tidak berjamur, tidak berlumut, dan tidak berembun.
  3. Setelah coating mengering, Anda bisa menerapkan campuran resin dan pewarna pada permukaan nat. Dengan demikian, keberadaan nat pun akan tersamarkan karena warnanya telah menyatu dengan marmer di sekelilingnya.
  4. Kini saatnya meratakan permukaan nat sehingga memiliki ketinggian yang sama dengan lantai marmer. Caranya gunakan mesin pemoles dengan gerakan yang searah supaya hasilnya rapi.
  5. Untuk memastikan kondisi nat sudah benar-benar rata, tidak ada salahnya Anda mengepel lantai marmer tersebut sampai bersih. Setelah lantai mengering, periksa hasil pekerjaan Anda dengan teliti.
  6. Segera tambal lubang sekecil apapun yang Anda temukan di nat menggunakan resin. Jangan lupa ratakan kembali permukaan nat yang telah ditambal ya!
  7. Setelah langkah-langkah di atas, barulah Anda bisa mengurusi permukaan marmer yang kusam. Untuk mengkilapkannya, Anda bisa menggunakan mesin diamond disc atau batu poles hingga pori-porinya berubah menjadi halus dan mengkilap.
  8. Bilas kembali seluruh lantai marmer yang sudah dipoles untuk melihat hasilnya. Terbukti kan, sekarang lantai marmer di rumah Anda sudah jauh terlihat lebih bersinar?

Untuk memperoleh hasil kilau yang maksimal, upaya pengkilapan ini harus dibarengi dengan kristalisasi lantai marmer. Dengan demikian, pesona marmer yang mengkilap ini pun akan bertahan semakin lama dan kilaunya juga tidak gampang memudar. Selamat mencoba ya!